CARA KERJA DAN MANFAAT PANEL SURYA - Informasi Pendidikan, Teknologi dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Thursday, October 1, 2020

CARA KERJA DAN MANFAAT PANEL SURYA

  

Panel surya sangat bermanfaat dalam efisiensi biaya pengeluaran, foto:sewatama

Listrik dapat dihasilkan dengan menggunakan berbagai metode. Efek fotovoltaik adalah metode yang paling populer digunakan untuk menghasilkan listrik. Efek fotovoltaik adalah fenomena mengubah energi matahari menjadi arus listrik. Para ilmuwan mengembangkan panel surya berdasarkan prinsip konversi energi cahaya menjadi energi listrik melaui hukum kekekalan energi.

 

Panel surya / solar cell disebut juga dengan sel fotovoltaik, merupakan perangkat listrik yang merubah energi dari cahaya langsung menjadi listrik oleh efek fotovoltaik. Fungsi sel surya adalah menangkap energi dari sinar matahari, yang nantinya akan diubah menjadi tenaga listrik.

Cara kerja panel surya secara singkat yaitu panas dari cahaya matahari dikumpulkan, selain dikumpulkan, panas dari cahaya matahari juga digunakan untuk memanaskan cairan, lalu uap yang dihasilkan dipanaskan oleh generator, kemudian akan menghaslkan listrik.

Panel surya ini ternyata memiliki keunggulan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Dengan menggunakan Panel surya berkualitas akan mendapatkan banyak manfaat dari panel surya ini. Tentunya Layanan sewatama akan menjelaskan tentang manfaat panel surya itu sendiri.

Manfaat Panel Surya

1. Manfaat panel surya yang pertama adalah panel surya ini hemat dikarenakan jika Anda menggunakan pabel surya, maka Anda tidak akan memerlukan bahan bakar.

2. Dapat dipasang di mana saja dan dapat dipindahkan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jadi, kita bisa menempatkan panel surya ini sesuai dengan kebutuhan kita. Inilah manfaat panel surya yang kedua.

3. Panel surya dapat diterapkan secara sentralisasi, yang berarti pembangkit listrik tenaga surya ditetapkan di suatu area dan listrik yang dihasilkan disalurkan melalui jaringan distribusi ketempat-tempat yang membutuhkan, dan juga desentralisasi, yang berarti setiap sistem berdiri sendiri atau individual, jadi sistem itu tidak memerlukan jaringan distribusi.

4. Manfaat panel surya yang selanjutnya adalah bersifat moduler. Maksudnya adalah kapasitas listrik yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan cara merangkai modul secara seri dan paralel.

5. Panel surya dapat dioperasikan secara otomatis maupun menggunakan operasi.

6. Manfaat panel surya yang terakhir adalah tanpa suara dan tidak menimbulkan operasi lingkungan.

Nah banyak sekali bukan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Panel surya berkualitas ini. Tidak perlu khawatir anda bisa langsung menemukan barang tersebut melalui Layanan sewatama dengan jaminan mesin bagus, aman, dan berkualitas.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad