Mengenal berbagai jenis alergi pada anak dan solusinya - Informasi Pendidikan, Teknologi dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Tuesday, November 5, 2019

Mengenal berbagai jenis alergi pada anak dan solusinya

ilustrasi foto:alodokter.com
Alergi merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak menghinggapi masyarakat, terlebih bagi anak-anak dibawah umur 12 tahun, karena memang anak-anak di umur tersebut sedang semangatnya dan asyiknya bermain-main di berbagai tempat yang menjadi sarangnya kuman dan berbagai penyakit. Tanpa pengawasan yang intens maka anak-anak tersebut akan bermain sesuka hati mereka tanpa memikirkan berbagai ancaman yang akan mempengaruhi kehidupan mereka, terlebih anak usia balita yang mereka kalau tidak dijaga ketat, akan sangat menyukai bermain di berbagai tempat tersebut. nah sobat, bagi anda yang punya keluarga dan umurnya masih anak-anak, maka kalian pun ikut turut menjaga mereka, jangan dibiarkan mereka bermain-main berlebihan di berbagai tempat yang penuh dengan kuman dan kotoran yang bisa menjadi penyakit di tubuh mereka, terlebih adalah penyakit alergi ini, berikut beberapa tempat yang harus anda perhatikan sekali:

1.    Kubangan Tanah Becek
tanah becek merupakan salah satu faktor yang disebabkan oleh terkumpulnya air, dan tidak lepas pastinya dari hujan maupun faktor lainnya yang menyebabkan air tergenang ditempat tersebut, terlebih lagi saat ini kita sudah mulai memasuki musim hujan yang mana intensitas air akan lebih banyak, sehingga membuat tanah juga dipenuhi dengan air, tanpa resapan yang bagus maka bisa dipastikan air akan tergenang di tempat tersebut.

2.    Tumpukan Sampah
kalau tempat ini, sudah jangan ditanyakan lagi sobat, karena memang berbagai kuman dan penyakit berkumpul di tempat ini, mengapa demikian, karena sampah merupakan tempat terkumpulnya berbagai sisa-sisa hal yang dibuang, bayangkan saja berbagai sisa makanan yang telah basi, berbagai limbah kotoran popok, dan berbagai hal kotor lainnya akan terkumpul disini, sehingga wajar saja kalau tempat ini merupakan tempat nongkrongnya para lalat dan nyamuk, yang mana sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

3.    Belakang Rumah
halaman belakang maupun berbagai tempat belakang rumah merupakan salah satu tempat yang mestinya dihindari, mengapa demikian, karena belakang rumah merupakan salah satu tempat terkumpulnya berbagai tempat hajat dan kebutuhan kehidupan kita, contoh toilet dan kamar mandi, kemudian juga tempat pembuangan air maupun berbagai hasil dari pencucian wastafel, sehingga wajar saja kalau air juga suka tergenang di rumah bagian belakang ini, bahkan sering jentik-jentik menghiasi bagian kubangan air belakang rumah ini, apalagi kalau tak ada aliran air di belakang rumah ini.

4.    Tumpukan sekam padi
nah, kalau tempat ini memang jarang ditemukan di daerah perkotaan, tetapi bagi anda yang tinggal di daerah perdesaan, maka saya sarankan jaga anak anda sebaik mungkin, jangan biarkan mereka bermain-main sepuasnya di daerah tumpukan sekam padi ini, karena berbagai hama juga banyak di tempat ini yang bisa menyebabkan gatal di berbagai bagian tubuh anak anda, dalam bahasa banjarnya bisa disebut miang, bahkan bisa juga kena hama tungau yang mana kalau dihinggapi tungau tersebut maka akan terasa sangat gatal sekali.

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi gatal dan lainnya
ada banyak cara pengobatan alergi gatal dan berbagai alergi lainnya dari pengalaman pribadi penulis.
1.    Mandi dengan air hangat, lebih bagus lagi mandi di pemandian air panas, selain jalan-jalan ke tempat wisata kita juga sekaligus mengobati berbagai alergi gatal kita tersebut.
2.    Gunakan bedak kesehatan yang mengandung obat-obat untuk gatal tersebut, seperti herocin dan berbagai merek bedak lainnya.
3.    Makan yang banyak, yang mengandung berbagai vitamin yang mempercepat metabolisme tubuh, sehingga berbagai kuman tersebut akan menjauh karena daya tahan kita sudah pulih.
4.    perbanyaklah minum air putih.
Selain itu, kami juga mengutip dari situs generasimaju.co.id untuk mengatasi alergi dingin pada anak berikut ini:
•    Hindari perubahan suhu mendadak.
•    Lindungi kulit anak dengan saksama dari cuaca dingin.
•    Siapkan obat antihistamine setiap kali akan berpergian di cuaca dingin. Dianjurkan untuk mengonsumsi sebelum anak terpapar cuaca dingin.
•    Pastikan anak tidak gegabah seperti berenang tanpa pengawasan, atau ajarkan pentingnya mengecek suhu air sebelum digunakan.
•    Hindari makanan atau minuman dingin karena bisa mengakibatkan bengkak pada tenggorokan.
•    Minta resep dokter terutama untuk mengatasi reaksi alergi dingin yang serius.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad