5 Tips Membuat Jam Tangan Awet, Tahan Lama Dan Tidak Mudah Rusak

- 2:54 AM
    Memiliki jam tangan mahal terutama dari merk jam tangan ternama dan populer tentu ada rasa kebanggaan tersendiri ketika memakainya. Terlebih, jika sebelumnya tidak pernah sama sekali memiliki jam tangan mahal. Jam tangan bisa dibanderol dengan harga mahal karena beberapa sebab, bisa karna kualitasnya yang memang bagus, brand sudah punya nama di dunia fashion atau karena bahan yang digunakan. Untuk membuat jam tangan mahal yang sudah dimiliki bisa tetap awet, tahan lama dan tidak mudah rusak, ada beberapa cara atau tips dalam merawatnya.

1.    Jangan Terkena Air
Rata-rata merek jam tangan mahal dan berkualitas biasanya sudah dilengkapi dengan kemampuan water resistant atau tahan air. Namun, dalam pemakainnya tetap harus diperhatikan. Agar jam tangan tidak cepat rusak, sebisa mungkin untuk menghindarkannya dari terkena air atau kalau memang jam tangan tahan air, perhatikan batas kedalaman air yang dapat ditelorir jam tangan karena biasanya jam tangan dengan kemampuan tahan airpun punya batas kemampuan.
2.    Taruh Ditempat Aman
Tips lainnya untuk membuat jam tangan selalu dalam keadaan baik dan dapat digunakan adalah dengan menaruhnya di tempat aman. Banyak kerusakan jam tangan terjadi akibat faktor luar seperti jatuh dari ketinggian, tersenggol dan sebagainya. Ada baiknya, saat jam tangan tidak digunakan, tempatkan pada wadah yang tertutup seperti kotak, laci atau lemari.
3.    Hindarkan Dari Jangkauan Anak-anak
Jika pengguna adalah seorang yang memiliki anak atau sering berinteraksi dengan anak-anak yang belum mengerti akan suatu bahaya, sebisa mungkin untuk menaruh jam tangan yang letaknnya jauh atau tidak dapat dijangkau anak-anak. Anda tentu tidak ingin jika jam tangan kesayangan anda rusak akibat kelalaian dalam meletakkannya?
4.    Tempatkan Pada Kotak Khusus
Menyediakan kotak khusus untuk menyimpan jam tangan adalah tips lainnya yang bisa dicoba. Biasanya, merk jam tangan mahal sudah dilengkapi dengan box khusus saat pembelian. Simpan kotak jam dan jangan dibuang, dengan begitu anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan khusus ketika jam tangan tidak digunakan. Kotak tertutup yang pakai untuk menyimpan jam tangan, tidak hanya dapat melindungi jam tangan dari berbagai ancaman bahaya yang dapat merusaknya, tetapi juga membuat jam tangan terhindar dari kotoran debu.
5.    Jangan Membuka Secara Paksa
Entah karena sebab apa, anda mungkin saja tergoda untuk membuka jam tangan, misalnya saja jam tangan mulai tidak berfungsi dengan baik. Jika memang tidak memiliki keahlian dalam memperbaiki jam tangan, ada baiknya untuk membawa kepada ahlinya atau ke tempat perbaikan jam tangan, daripada harus mencoba memperbaiki sendiri namun justru dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Hindari untuk membuka secara paksa jam tangan!
Advertisement