Apakah hidroponik lebih sehat dibanding tanam di tanah

- 4:14 AM

Sawi tosakan yang ditanam menggunakan sistem hidroponik
Taukah anda apa itu hidroponik? Hidroponik merupakan salah satu jenis perkebunan atau pertanian yang menggunakan air sebagai media tanamnya, sehingga tidak memerlukan tanah lagi, mungkin bagi anda akan sedikit bertanya! emang bisa ya!

Jawabannya adalah bisa banget, berbagai penelitian telah dikembangkan hingga saat ini, sehingga kita yang biasa hanya menanam menggunakan tanah, sekarang banyak orang yang berkebun menggunakan air, yaitu dengan berhidroponik ini, salah satu perkebunan hidroponik adalah kebunnya zul dengan hidroponik banjarmasin yang mana juga sebagai tempat tinggalnya.

Hidroponik rangkaiannya
berada di depan rumah dan di atas rumahnya yang terdapat sedikit tempat kosong.
Rangkaiannya menggunakan pipa sebagai tempat alirannya dan wadah tampungan air dengan terpal

Salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah hidroponik di tanam umumnya di daerah perkotaan sehingga berbagai jenis hama tanaman jarang didapat, seperti belalang, siput, kutu maupun berbagai hama lainnya. Sehingga bertanam dengan sistem hidroponik tidak lagi membutuhkan pestisida.
Itulah mengapa sayur hidroponik bisa dibilang lebih sehat, karena saya pribadi pernah bertanam di tanah, dan tidak butuh berapa lama, tanaman saya tersebut sudah habis pucuknya dimakan hama.

Advertisement