Sejarah Dan Motif Kain Sasirangan Khas Banjarmasin

- 2:03 AM
sasirangan mempunyai sejarah tersendiri
sejarah sasirangan - sebelum berbicara lebih jauh mengenai motif kain sasirangan maka hal pertama yang harus kalian ketahui adalah mengenai sejarah dan asal muasal dari kain tersebut. perlu kalian tahu terlebih dahulu bahwa sasirangan sendiri di ambil dari beberapa kata  yaitu sa yang berarti satu dan jirang yang berarti jelujur. jika  di  satukan maka makna dari sasirangan sendiri  adalah satu jelujur.

hal tersebut sesuai dengan proses pembuatannya yang di jelujur di mana pada simpul jelujurnya di celup  untuk pewarnaan. dimana menurut catatan sejarah kain sasirangan ini merupakan warisan abad xii pada saat lambung mangkurat menjadi patih negara dipa. pada mulanya kain sasirangan ini di kenal sebagai kain untuk batatamba atau yang digunakan untuk menyembuhkan orang sakit. 

pada zaman dahulu apabila ingin menyembuhkan orang sakit menggunakan kain batatamba maka harus di pesan khusus terlebih dahulu. maka tidak heran apabila pembuatan kain sasirangan sendiri tergantung dari permintaan orang yang memesannya. karena di lakukan secara system pesana maka motif kain sasirangan juga tergantung dari pesanan. 

maka dari itu tidak heran apabila urang banjar sering menyebut kain sasirangan sebagai kain pamintaan yang artinya  permintaan. selain digunakan untuk kesembuhan penyakit kain sasirangan juga di gunakan pada acara acara adat. berbicara mengenai kain sasirangan pastinya kalian juga akan berbicara mengenai  warna dari kain sasirangan.

mengenai masalah warna kain sasirangan terdiri dari banyak sekali variasi warna. warna dari kain sasirangan sendiri di sesuaikan dengan tujuan pembuatnnya yaitu  sebagai sarana pelengkap dalam penyembuhan suatu penyakit. maka dari itu biasanya warna yang terdapat pada kain sasirangan biasanya di sesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita. 

untuk masalah motif kain sasirangan ini terdiri dari banyak sekali pilihan motif diantaranya seperti iris pudak, kembang raja, bayam raja. selain itu juga terdapat pilihan motif kulit kurikit, ombak sinapur karang, bintang bahambur, sari gading, naga balimbur dan tentunya masih banyak lagi motif kain sasirangan lainnya. demikian itu tadi beberapa informasi mengenai sejarah dan juga  motif kain sasirangan yang pastinya bisa menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Advertisement