Berbagai Jenis Motif Batik yang Bisa Anda Pilih Untuk Acara Formal

- 2:08 PM

salah satu jenis motif batik, foto:wikipedia

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat indah. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki warisan bersejarah yang begitu berharga hingga saat ini yakni Batik. Batik menjadi salah satu ciri khas Indonesia yang telah mendunia dan menjadi pakaian adat Indonesia secara nasional hingga cocok sekali untuk digunaan saat acara formal.

Penggunaan batik sendiri sangat beragam mulai dari berbagai model baju batik pria sampai penggunaan batik untuk dijadikan rok wanita. Ragam jenis batik sendiri tak lepas dari berbagai jenis motif batik yang ada di Indonesia. Berikut ini berbagai jenis motif batik yang bisa Anda pilih untuk acara formal agar terlihat elegan dan memesona.

Sogan

Solo merupakan salah satu kota di pulau Jawa yang memiliki budaya dan adat istiadat yang sangat kental. Tak hanya itu, di Solo Anda juga bisa menemukan salah satu motif batik yang sangat khas yakni bernama Sogan. Motif batik Sogan sangatlah khas karena telah dibuat oleh nenek moyang di Jawa sejak beberapa abad lalu. Pada awalnya, batik motif sogan dipakai oleh raja di kesultanan solo sehingga membuatnya sangat identik dengan Solo. Batik motif Sogan berisikan warna coklat muda dan terdapat motif yang khas seperti bunga dengan aksen titik-titik seperti batik pada umumnya. Jika Anda ingin menghadiri acara formal, batik Sogan jadi salah satu motif yang tidak boleh dilewatkan karena telah dikenal sebagai motif untuk bangsawan yang elegan sejak zaman dahulu.


Tujuh Rupa

Kota Pekalongan dikenal sebagai kota batik mengingat sentra produksi pembuatan batik berada di kota yang satu ini. Tak hanya itu, Kota Pekalongan juga memiliki batik dengan motif yang khas yakni bernama motif Tujuh Rupa. Motif batik yang satu ini mengedepankan nuansa alam dimana terdapat motif bergambar hewan atau tumbuhan didalam batik bermotif tujuh rupa. Meskipun model baju batik pria dengan motif Tujuh Rupa berasal dari Pekalongan, namun asal muasal motif ini berasal dari akulturasi budaya lokal dengan pedagang asing yang datang berkunjung ke Pekalongan pada masa lampau.


Parang

Salah satu model baju batik pria yang sangat khas dan telah banyak digunakan adalah baju batik bermotif parang. Motif ini sangatlah khas dan telah banyak digunakan khususnya di pulau Jawa. Motif ini berasal dari kata pereng atau miring yang jika diperhatikan secara detail maka Anda akan menemukan huruf “S” yang miring dan dibuat berombak serta memanjang. Motif ini tergolong umum digunakan baik di daerah Jawa sehingga menjadi salah satu batik dengan motif yang sangat populer. Apabila Anda ingin menghadiri acara resmi, model baju batik pria dengan motif Parang dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.


Gentongan

Tidak hanya di dataran Jawa, motif batik yang sangat khas juga dapat Anda temukan di Pulau Madura. Di pulau ini, Anda dapat menemukan salah satu motif batik yang sangat khas yakni Gentongan. Batik bermotif gentongan sepintas terlihat seperti menggunakan motif yang abstrak dan sederhana serta menggunakan tanaman sebagai ilustrasi pada motifnya. Akan tetapi, ciri khas utama dari batik motif Gentongan terlihat dari warnanya yang cukup terang seperti penggunaan warna ungu, merah, kuning atau hijau sehingga membuatnya terlihat mencolok. Asal mula penamaan Gentongan pada motif batik ini berasal dari kata gentong yang merupakan wadah untuk mencelup cairan warna pada proses pembuatan kain batik.

Berbagai motif batik yang tersedia dapat Anda pilih sesuai dengan kesukaan Anda. Akan tetapi, pastikan Anda juga memilih batik dengan warna yang tepat agar dapat dikombinasikan dengan pakaian lainnya. Semoga bermanfaat.
Advertisement