Perjalanan Sehari-Semalam di Kota Makassar

- 11:20 PM
Makassar menyimpan berbagai potensi wisata yang sayang bila dilewatkan. Hampir seluruh jenis wisata bisa Anda temui di kota ini, mulai dari wisata sejarah peninggalan kolonial, wisata alam di Pantai Losari, hingga wisata kuliner dengan ragam sajian lezat untuk dicicipi. Wisata sehari-semalam di pusat kota pun bisa menjadi pilihan jika Anda hanya memiliki waktu liburan yang singkat. Berikut kami sajikan agenda wisata satu hari di sekitar kawasan Pantai Losari Makassar.
 
Berburu camilan khas Makassar
 
Source : enaknyakemana

Agar tidak lelah saat berjalan-jalan di kawasan Losari, perjalanan dimulai dengan mencicipi beragam sajian penganan tradisional Makassar. Sebuah toko kue yang terletak di Jalan Serui adalah tujuan tepat. Di tempat ini, tersedia puluhan jenis camilan, dari yang manis hingga gurih. Beberapa jenis penganan yang bisa di coba adalah kue lumpur, sikaporo, kue seruni, dan barongko.
 
Berwisata sejarah ke Benteng Rotterdam


Jika perut sudah terisi, agenda wisata selanjutnya adalah menyusuri situs sejarah yang paling terkenal di Makassar, yakni Benteng Rotterdam. Benteng yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo ini masih berdiri megah, sehingga banyak dijadikan sebagai lokasi berfoto oleh wisatawan. Di area yang sama, terdapat pula Museum La Galigo yang menyimpan beragam artefak sejarah dan budaya peninggalan masa kolonial.

Menikmati Coto Makassar sebagai santapan siang


Coto Makassar adalah sajian yang wajib dicoba saat tengah berkunjung ke ibu kota Sulawesi Selatan ini. Kuliner khas Makassar tersebut memang paling pas jika dinikmati pada waktu makan siang. Sambil beristirahat setelah berjalan-jalan di area Benteng Rotterdam, sajian daging dan jeroan sapi yang disiram kuah kental menjadi pelepas lelah yang lezat.
 
Berjalan-jalan di hamparan pasir putih Pulau Kayangan
 

Kenyang makan siang, perjalanan dilanjutkan ke Pulau Kayangan. Di Pulau Kayangan, pasir putih yang beradu dengan perairan biru menjadi suguhan utama. Suasana yang menenangkan juga menjadi nilai tambah dari kawasan wisata yang luasnya mencapai 1 hektare tersebut. Berburu foto menarik dengan latar belakang alam pantai yang cantik menjadi kegiatan yang harus dilakukan.
 
Menyaksikan keindahan panorama matahari terbenam di Pantai Losari

Source : dekadibali
Setelah menghabiskan siang di Pulau Kayangan, Pantai Losari menjadi tujuan selanjutnya saat hari mulai merambat senja. Pantai yang menjadi salah satu ikon pariwisata Makassar ini memang menyajikan pemandangan senja dan matahari terbenam yang sangat cantik. Sambil menyaksikan keindahan senja di Pantai Losari, kudapan khas seperti pisang epe’ bisa dinikmati.

Berburu oleh-oleh dan menu makan malam
Untuk mengakhiri agenda wisata sehari-semalam, berburu oleh-oleh bisa menjadi pilihan. Hal ini bisa dilakukan dengan berkunjung ke Jalan Somba Opu yang lokasinya tak terlalu jauh dari Pantai Losari. Selain pernak-pernik menarik dan aneka suvenir untuk dijadikan buah tangan, berbagai menu kuliner untuk santapan malam juga bisa ditemukan di kawasan ini.

Rangkaian kegiatan di atas hanyalah sebagian momen liburan yang bisa dirasakan saat berkunjung ke Makassar. Jika Anda juga ingin menjadikan kota ini sebagai destinasi berlibur, mencari tiket pesawat murah ke Makassar harus segera dilakukan. Selamat menikmati liburan!
Advertisement