Cara Memilih Jam Tangan yang Tepat

- 3:26 PM

Jam tangan merupakan aksesoris yang sering digunakan berbagai kalangan. Baik anak-anak, remaja, orang tua, pria maupun wanita, menjadikan jam tangan sebagai aksesoris andalan dan bisa menambah rasa percaya diri. Untuk membuat penampilan memukau setiap hari, kamu mungkin mempunyai lebih dari satu jam tangan. Sehingga kamu tidak hanya menggunakan satu jam tangan saja. Selain itu, kamupun memiliki koleksi lebih dari satu merek jam tangan.
Membeli jam tangan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh beberapa kriteria agar bisa mendapatkan jam tangan yang bagus. Baik itu merek luar negeri atau lokal sendiri. Sekarang, di Indonesia sudah banyak sekali merek jam tangan lokal yang kualitasnya tak kalah dengan merek luar negeri. Nah, berikut ini beberapa point penting yang harus kamu pertimbangkan saat membeli jam tangan!

Jenis Kaca
Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah bagian kacanya. Kaca merupakan komponen terpenting yang bisa dibilang sebagai take it for granted. Sebab, kaca atau lensa pada jam tangan mempengaruhi tingkat keawetan jam itu sendiri. Kegiatan sehari-hari sangat memungkinkan bagian kaca atau lensa jam tangan terbentur. Terdapat beberapa jenis kaca atau lensa yang sering dipakai para produsen jam tangan, diantaranya mineral glass, sapphire crystal dan replica crystal.
Setiap jenis kaca mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Mineral glass merupakan jenis kaca yang tidak mudah pecah saat terbentur benda keras, tapi mudah tergores. Sapphire crystal adalah jenis kaca yang tidak mudah tergores, lebih awet, sehingga permukaan kaca selalu kelihatan rapi. Sedangkan replica crystal, jenis kaca yang mudah pecah saat terbentur.

Bahan jam tangan
Selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah tentang bahan jam tangan. Hingga saat ini, bahan yang paling sering dipakai untuk jam tangan adalah logam atau metal seperti stainless steel. Jam tangan dengan standar yang baik, mempunyai bahan dasar logam yang kuat dan kokoh. Pastikan bahan campuran logamnya yang padat. Kamu bisa mengetahui bahan dari deskripsi produk atau bertanya langsung pada CS. Umumnya, merk jam tangan lokal terkenal menggunakan bahan bagus.
Jenis mesin yang dipakai

Merek jam tangan lokal sendiri sudah memiliki standar mesin yang digunakan. Sebab, mesin ini adalah jantung utama dari jam tangan. Tanpa mesin, jam tangan tidak berguna sebagai pengingat warktu. Ada banyak jenis mesin yang biasa digunakan misalnya dari pabrikan Jepang seperti Miyota, Casio, Citizen dan Seiko. Dari Swiss ada Ronda dan ETA. Dalam memilih mesin jam tangan atau movement ini, hindari yang berasal dari pabrikan China atau yang tidak mempunyai brand sama sekali.

Brand
Brand memang biasanya mempengaruhi kualitas dari jam tangan tersebut. Sama seperti merek jam tangan, brand menunjukkan asal jam tangan. Pastikan jam tangan kamu dari brand atau manufaktur yang jelas. Kamu bisa menggunakan produk dalam negeri saja yang sudah pasti jelas dimana perusahaannya, apa brandnya dan siapa pemiliknya. Bahkan dengan adanya instagram, kamu bisa berinteraksi langsung tentang jam tangan. Selain itu, kamupun mudah melakukan komplain ataupun memberikan saran. Kamu lebih bebas bertanya mengenai komponennya, mesin yang digunakan, desain serta lainnya.

Harga
Dalam membeli jam tangan, pertimbangkan pula dengan harga. Kamu bisa memilih harga berdasarkan mrek jam tangan atau kualitasnya. Bandingkan dulu antara satu dengan yang lainnya dan dapatkan yang terbaik.
Tak perlu jauh-jauh dan susah membeli jam tangan, karena sekarang sudah banyak merek jam tangan lokal yang tak kalah dengan kualitas brand dunia.



Advertisement