Inilah Berbagai Perawatan Pasca Operasi Kanker

- 4:55 AM


Pengobatan penyakit kanker memang cukup rumit dan harus melalui berbagai proses – proses yang cukup panjang yang terkadang membuat lelah si pasien. Akan tetapi hal tersebut perlu ditempuh agar kanker bisa sepenuhnya sembuh. Salah satu kanker yang paling banyak ditakuti khususnya oleh perempuan adalah kanker payudara, yang mana perawatan kanker payudara ini cukup panjang dan memakan waktu yang lama. Bahkan, setelah atau pasca operasi kanker pun setiap pasien masih harus tetap melakukan berbagai rangkaian – rangkaian perawatan seperti berikut ini agar kanker bisa sembuh secara total.

1.       Kemoterapi

Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi setiap orang sebagai suatu perawatan kanker seperti salah satunya kanker payudara. Kamoterapi sendiri merupakan salah satu bagian dari perawatan yang wajib dilakukan oleh pasien untuk mengobati kanker. Perawatan pasca operasi kanker payudara ini bertujuan untuk membunuh sisa – sisa sel kanker yang masih terdapat di dalam tubuh. Kamoterapi sendiri merupakan salah satu perawatan yang bisa diberikan pada setiap pasien yang masih berada di rumah sakit atau bisanya dilarang untuk pulang terlebih dahulu.

2.       Pantangan Makanan

Pasca operasi penyakit tersebut pun ada banyak sekali pantangan makanan yang wajib anda jaga. Berbagai macam jenis makanan yang dipantang tersebut diantaranya seperti makanan yang termasuk ke dalam golongan jenis makanan yang digoreng, selanjutnya makanan yang menjadi pantangan lainnya adalah makanan yang memiliki kandungan pemanis dan juga pengawet dan terakhir beberapa jenis makanan yang tergolong ke dalam jengkol dan juga jenis – jenis makanan yang dihangatkan.

3.       Olahraga Secara Teratur

Olahraga itu penting sekali dan perlu dibudayakan oleh setiap orang. Untuk pasca operasi penyakit tersebut, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apa saja olahraga yang dapat anda lakukan setelah operasi tersebut. Setelah konsultasi anda bisa langsung melakukan beberapa macam jenis olahraga yang dianjurkan agar anda bisa mengembalikan kebugaran anda pasca melakukan operasi kanker payudara.
Itulah beberapa perawatan yang dilakukan pasca operasi kanker yang biasanya selalu dianjurkan oleh setiap dokter.

Advertisement