Tujuan Bersekolah, Karena Pintar atau Sekedar Formalitas? - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Tuesday, May 29, 2018

Tujuan Bersekolah, Karena Pintar atau Sekedar Formalitas?

foto:fotogrid.id

Sekolah mempunyai banyak tujuan dan sangat penting bagi kehidupan manusia. Di Indonesia sendiri setiap masyarakat diwajibkan sekolah 12 tahun. Kalau bagi bangsa, sekolah merupakan langkah membuat anak-anak Indonesia mempunyai pemikiran yang berkembang. Sehingga, dapat membawa nama baik bangsa ke kancah dunia. Tapi, apakah benar kalau hanya itu tujuannya? Ada banyak tujuan dan manfaat sekolah, inilah dia :
Memperoleh ilmu yang tidak ditemukan di tempat lain
Sekolah merupakan langkah mempelajari tentang hidup hidup dan cara hidup. Di sekolah akan memperlajari ilmu matematika yang nantinya berguna pada bidang hitung-hitungan seperti penjualan, pembelian dan lain sebagainya. Selain itu, juga diajarkan tentang tata krama dan kedisiplinan yang mana mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi yang baik dengan orang lebih tua, sepadan dan yang lebih muda. Pelajaran itu, jarang sekali dapat ditemukan di tempat lain. 
Sarana dalam menemukan jati diri dan belajar sosialisasi
Dengan sekolah kamu tahu seberapa besar kemampuanmu dalam satu bidang. Sehingga, kamu dapat menemukan skill apa yang cocok untukmu dan tahu apa yang kamu sukai. Selain itu, dengan bersekolah kamu juga belajar bersosialisasi. Kamu akan tahu bagaimana berinteraksi dengan para guru dan teman-teman dengan beberapa karakter berbeda-beda. 
Tahu akan makna persaingan dan persahabatan
Saat bersekolah, kamu akan menemukan persaingan. Kamu akan merasa iri dengan temanmu yang akhirnya mendorong kamu berusaha untuk mengalahkannya. Persaingan itu justru dapat membuatmu bersemangat dalam menjalani hidup. Tak hanya persaingan, kamu juga akan mendapatkan persahabatan. Kamu berteman dengan orang-orang baru yang memberikan semangat dan energi baru dalam hidupmu. Teman-teman yang selalu membahagiakanmu serta kamu pun tahu bagaimana rasanya kebersamaan.
 artikel by FB anto fajrianto

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad