Kenali Alergi Anak Agar Bisa Menentukan Langkah Yang Tepat Untuk Mencegah Timbulnya Reaksi Alergi - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 02 Januari 2018

Kenali Alergi Anak Agar Bisa Menentukan Langkah Yang Tepat Untuk Mencegah Timbulnya Reaksi Alergi

foto:rockingmama.id
          
  Alergi tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga bisa terjadi pada anak-anak. Biasanya orang-orang yang memiliki alergi, ketika terkena alergen maka tubuhnya akan memberikan reaksi yang berlebih. Reaksi yang ditimbulkan bermacam-macam, mulai dari yang ringan seperti mata berair hingga yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Karena itu kenali alergi anak apalagi anda yang sudah berkeluarga. Pastinya tidak ingin anak-anak kesayangan anda merasa kesakitan karena alergi yang dideritanya. Sebenarnya tubuh bermaksud baik dengan memberikan perlindungan berupa sistem imunitas yang membuat antibodi berupa immunoglobulin E (IgE). dan IgE ini akan merangsang sel agar mengeluarkan histamin ke dalam darah sehingga tubuh dapat mempertahankan dirinya dari alergen. Namun histamin tersebut malah menimbulkan alergi pada tubuh. Reaksi yang terjadi dapat muncul di berbagai anggota tubuh, seperti hidung, mata, kulit, saluran pencernaan dan lain sebagainya.

            Apabila kedua orang tua atau salah satu orang tuanya, entah mama atau papa nya memiliki alergi tertentu maka anak kemungkinan memiliki alergi juga. Kemungkinan terjadinya cukup tinggi, yaitu 40-50% namun ketika kedua orang tuanya memiliki alergi, maka kemungkinan sang anak juga memiliki alergi akan meningkat tinggi mencapai 80%. Walaupun bisa saja tipe alerginya berbeda dengan alergi yang diderita oleh orang tuanya. Berikut adalah beberapa contoh alergi yang biasa terjadi pada anak-anak.

1.    Alergi makanan
Jenis-jenis makanan yang sering menimbulkan alergi adalah susu, kacang-kacangan, gandum, ikan, kerang, udang, telur dan juga buah-buahan seperti jeruk. Sangat penting untuk memperhatikan makanan penyebab alergi pada anak anda pada makanan instan ataupun makanan beku. Karena sedikit saja anak memakan penyebab alergi, maka bisa menimbulkan reaksi berlebih yang tidak nyaman. Biasanya anak akan merasakan sakit kepala, kram perut, diare, gelisah dan juga tubuh akan merasa sangat lelah.

2   Alergi binatang peliharaan
Ketika anda memelihara kucing, kelinci ataupun anjing di rumah, anda harus yakin bahwa anak anda tidak memiliki alergi apapun terhadap binatang apapun. Karena itu kenali alergi anak jika tidak ingin anak anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu diketahui bahwa yang menyebabkan alergi bukanlah bulu binatang yang berterbaran di dalam rumah, namun sel kulit mati, air liur dan air kencing hewan peliharaan. Gejala yang biasa timbul bila anak anda memiliki alergi terhadap hewan adalah mata dan hidung berair, bersin-bersin, mata merah, hidung tersumbat dan sesak nafas. Sel kulit mati dari hewan yang sudah bertebaran di seluruh rumah tidak bisa dihilangkan begitu saja. Setidaknya anda harus menunggu hingga 1 tahun sampai rumah benar-benar bersih dari sel kulit mati hewan tersebut.

            Karena itulah sangat penting sebagai orang tua untuk mengetahui <em>jenis alergi</em> yang dimiliki oleh anak. Agar sebisa mungkin anak dapat dijauhkan dari alergen. Untuk mengetahui jenis alergi yang diderita oleh anak, anda bisa membawa anak anda ke laboratorium ataupun ke dokter untuk melakukan tes alergi. Beberapa tes alergi yang dapat dilakukan adalah tes skin prick, tes darah, tes patch dan juga tes makanan. Namun jangan khawatir karena ketika dilakukan tes alergi, anak anda berada dalam pengawasan orang-orang yang ahli di bidangnya sehingga anak anda akan aman. Biasanya tes alergi ini tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan hasilnya. Tidak sampai 30 menit anda sudah bisa mendapatkan hasil dari tes alergi.

Post Top Ad