Berikut tanggal Hari Guru Nasional dan Sejarahnya - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 24 November 2017

Berikut tanggal Hari Guru Nasional dan Sejarahnya

Muxika.info - Hari Guru Nasional merupakan salah satu hari bersejarah yang dirayakan setiap tahunnya, kapan hari guru nasional tersebut, mungkin ada juga pertanyaan, hari apa hari guru Indonesia atau juga setiap tanggal berapa hari guru diperingati, nah kali ini kami akan membahas tanggal berapa hari guru nasional setiap tahunnya dan sejarah hari guru nasional yang bisa kita ambil pelajaran dan manfaat dalam kehidupan.

Selamat Hari Guru Nasional

Hari guru nasional jatuh pada tanggal 25 November setiap tahun, hari guru tersebut untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan tanpa tanda jasa, guru lah yang mengajarkan kita hingga kita mempunyai ilmu seperti sekarang ini, dengan awal pembelajaran adalah membaca dan menulis, meskipun pada hakikatnya ibu adalah guru pertama kita, tetapi ketika kita menginjakkan kaki di sekolah maka semua itu adalah tanggung jawabnya para guru.

Mengingat banyaknya jasa-jasa para guru, maka diperingatilah hari guru ini setiap tahunnya, selain itu perlu kita ketahui bahwa pada tanggal ini juga merupakan hari dimana organisasi guru atau persatuan guru republik Indonesia didirikan, yaitu yang biasa kita kenal dengan nama PGRI.

Guru itu digugu dan ditiru, istilahnya menjadi teladan seperti semboyan Pendidikan dari Ki Hajar Dewantara yaitu tut wuri handayani, yang maknanya di depan memberi teladan atau contoh, ditengah memberi bimbingan dan dibelakang memberi dorongan.  Selain itu ada juga pepatah tentang guru yaitu  guru kencing berdiri murid kencing berlari.

Di hari guru tersebut kita kadang prihatin dengan berbagai kasus yang menjadikan guru sebagai korbannya, dengan berbagai alasan HAM sehingga Pendidikan guru yang keras di sekolah menjadi sebuah bahan untuk mengkriminalkan mereka, hanya karena masalah bandelnya anak di sekolah.

Banyak berbagai kasus penganiyaan terhadap guru oleh orang tua siswa yang tidak terima anaknya disakiti oleh guru, padahal itu bukanlah menyakiti tetapi sebuah teguran dan pembelajaran agar anak belajar dari kesalahannya, memang zaman sudah berubah, saat ini semua bisa dibalik, antara kebenaran dan kedholiman sekarang itu tipis bedanya.

Sejarah hari guru
Pada tahun 1912 didirikan sebuah organisasi guru yaitu PGHB yang kepanjangan dari persatuan guru hindia belanda, kemudian pada tahun 1923 berubah menjadi PGI atau persatuan Guru Indonesia.
Setelah kemerdekaan Indonesia, PGI mengadakan kongres pada tanggal 24-25 November 1945 yang dilaksanakan di Surakarta yang kemudian berubah menjadi PGRI.

Kemudian pemerintah mengeluarkan kebijakan pada tahun 1994 yaitu menetapkan berdirinya  PGRI sebagai hari Guru Nasional, dan selanjutnya pada tahun 2005 lebih diperkuat lagi bahwa tanggal 25 November sebagai hari guru nasional yang tepat dengan ulang tahun PGRI.

Tiada kata yang bisa digambarkan bagi mereka sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, bagi anda yang beragama muslim, kirimkanlah surah Fatihah bagi para guru yang telah mendahului kita, bagi yang masih ada kita doakan mereka panjang umur, dan dimurahkan rejekinya.
Alfatihah.

Post Top Ad