Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Travelling

Comments

Kontributor

Selasa, 05 September 2017

Cara Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Musim hujan adalah berkah karena saat hujan, tanah menjadi subur dan air bersih melimpah. Namun, tingginya curah hujan juga akan membuat beberapa masalah yang menyebalkan. Misalnya banjir, cat dinding yang luntur karena tertampias air dan rembesan air ditembok, dan lumpur yang mengotori rumah Anda.

Anda harus melakukan perawatan rumah subsidi khusus saat musim hujan, persiapan ini harus Anda lakukan sebelum musim hujan di mulai dan diterapkan secara berkala sesuai keadaan dan kebutuhan ketika musim ini dimulai. Untuk membantu Anda menyiapkan diri, Kami telah menulis beberapa cara merawat dan mempersiapkan rumah Anda menghadapi musim penghujan. Selamat membaca!
foto : kompas.com

Cek dan Tune Up Pemanas Air Anda

Pemanas air adalah alat elektronik yang paling Anda butuhkan saat musim penghujan yang dingin tiba. Periksalah elemen pemanas, saluran air, sambungan kabel dan kotoran yang mungkin menghambat kinerga pemanas air di kamar mandi Anda. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah kerusakan dan kecelakaan yang terjadi akibat sengatan listrik. Gantilah elemen pemanas jika diperlukan, agar mesin bekerja maksimal tanpa harus membengkakkan tagihan listrik Anda akibat terjadinya hambatan listrik akibat elemen pemanas yang rusak.

Mengecek Kebocoran dan Rembesan Air

Salah satu masalah yang pasti hadir saat musim hujan adalah kebocoran dan rembesan air. Keduanya dapat membuat rumah Anda lembab dan nampak kotor. Apalagi jika telah berlangsung dalam jangka waktu yang lama, rembesan tersebut akan mengundang datangnya jamur. Oleh karena itu, ceklah kebocoran dan rembesan air. Perbaiki atap yang bocor agar rumah Anda bebas dari masalah yang mungkin timbul bersamanya. Jika Anda tidak dapat mempelajari kebocoran sendiri, Anda dapat menggunakan jasa tukang bangunan terpercaya untuk mengatasinya.

Periksa dan Bersihkan Selokan Tiap Hari

Luapan selokan dan banjir adalah hal yang identik dengan hujan, selain aroma khas tanah yang menenangkan saat hari pertama hujan. Untuk mencegahnya, pastikan saluran pembuangan air dalam rumah dan selokan di luar rumah bersih dari dedaunan, sampah, dan endapan pasir agar aliran air lancar dan tidak menggenangi halaman rumah bahkan bagian dalam rumah. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan kerepotan sendiri.

Pasang Kasa Anti Nyamuk Pada Ventilasi

Hal lain yang identik dengan musim hujan adalah banyaknya sarang nyamuk dan serangga lain. Perkembangan serangga vektor penyakit seperti nyamuk, lalat, dan kecoa sangat pesat pada musin hujan karena banyaknya ketersediaan air. Untuk mencegah dampak negatif yang dibawa oleh serangga-serangga tersebut, sebaiknya Anda memasang kasa anti nyamuk pada ventilasi rumah Anda. Kasa nyamuk akan mencegah berbagai serangga masuk kedalam rumah dan mengganggu Anda dan keluarga Anda.
Selain pada ventilasi, Anda juga dapat meletakkan jaring kawat pada lubang saluran air untuk mencegah serangga bahkan ular masuk ke dalam rumah Anda. Modifikasi lain dari pencegahan ini adalah dengan memberi beberapa buah kamper sebagai repelant yang akan mengusir nyamuk dan serangga-serangga menjijikkan lainnya.

Timbun Tempat yang Sering Tergenang Air dengan Pasir

Menimbun halaman rumah Anda dengan pasir akan mencegah terjadinya genangan dan mempermudah air terserap kedalam tanah. Cara ini juga ampuh untuk mencegah banjir. Anda dapat menimbun halaman rumah Anda dengan pasir kali. Anda juga dapat menambahkan batu-batu kerikil agar lebih padat dan kokoh melawan terjangan arus air saat hujan deras. Modifikasi lain adalah dengan membuat beberapa lubang biopori yang selain mencegah terbentuknya genangan air juga dapat memperbaiki daya serap tanah terhadap air hujan yang dewasa ini mulai menurun karena banyaknya lahan yang dibeton.

Membersihkan Kamar Mandi

Pada saat musim hujan datang, kamar mandi Anda yang lembab mendapatkan ekstra humiditas hingga akan terus basah. Padahal kamar mandi yang basah dan lembab merupakan salah satu tempat berkembang biaknya bakteri dan mikrob lain, termasuk mikrob penyebab penyakit. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan kamar mandi dan menjaganya tetap kering.
Anda dapat membersihkan kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih dengan kandungan desinfektan yang kuat. Selain membunuh patogen, pastikan cairan pembersih juga menghilangkan bau yang mungkin menempel pada kamar mandi Anda. Sikat seluruh dinding dan bak kamar mandi hingga bersih dari lumut, kerak dan lendir. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Setelah dikuras dan dibersihkan atau saat selesai digunakan, Anda harus membuka pintu kamar mandi agar air di lantai dapat menguap dan kamar mandi tidak lembab.

Penutup

Merawat rumah pada musim hujan adalah keharusan agar Anda dan keluarga Anda tetap dapat merasa nyaman dan aman saat musim penghujan tiba. Inti dari kegiatan dalam artikel ini adalah meminimalisir adanya rembesan air yang diakibatkan kebocoran, rembesan maupun luapan air yang berlebihan. Bahaya lain yang dapat dihindari adalah serangan serangga, ular, dan mikrob patogen. Demikian artikel cara merawat rumah saat musim hujan ini. Semoga bermanfaat!