Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Travelling

Comments

Kontributor

Senin, 08 Mei 2017

Pahami Kabel HDMI yang Akan Digunakan untuk Keseharian Anda

Apa sih kabel HDMI itu? HDMI merupakan sebuah kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan lainnya yaitu berupa video maupun audio. Dahulu, cara mentransfer sebuah audio atau video hanya dilakukan dengan cara komposit atau sejenisnya tapi kini HDMI sudah memberikan cara yang lebih mudah sehingga lebih efektif. Banyak sekali fungsi yang bisa didapat dari sebuah kabel ini karena bukan hanya mampu menghubungkan satu perangkat saja, namun jenis kabel ini mampu menghubungkan beberapa perangkat lain.

Ketika ingin menggunakan kabel ini yang ingin dihubungkan pada televisi maka gunakanlah televisi yang telah mendukung perangkat HDMI. Jika televisi tersebut tidak didukung dengan sambungan HDMI maka perlu adanya kabel tambahan yaitu berupa kabel audio yang bisa menghubungkan televisi pada penerima. Gunakan kabel audio yang memiliki kualitas bagus agar dapat menghubungkan secara maksimal dan dapat mentransfer beberapa data yang diinginkan.
foto:bukalapak.com
Untuk bisa menggunakan jenis kabel HDMI dengan baik dan benar maka alangkah baiknya kita perlu mengetahui dan memahami tentang jenis kabel tersebut. Pada dasarnya jenis kabel ini berbeda dengan kabel lainnya. Dimana HDMI lebih memberikan banyak manfaat ketika disambungkan pada perangkat. Untuk itu pahami lah kabel dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Pahami cara kerja HDMI,
Ketika Anda ingin memasang sebuah kabel maka Anda perlu memahami sebuah kabel tersebut dengan baik. Pahami cara kerjanya agar ketika Anda ingin memasangkan kabel pada elektronik tidak akan meraba-raba lagi sehingga pemasangan akan langsung terhubung.

  1. Pilihlah kabel yang memiliki panjang lebih sedikit dibanding dengan jenis kabel lainnya.
Ketika Anda ingin membeli sebuah kabel yang akan dipasangkan atau disambungkan dari elektronik satu ke elektronik lainnya maka cari dan pilihlah kabel yang memiliki ukuran panjang lebih panjang dari ukuran biasa. Misal, jika Anda ingin memasangkannya pada televisi yang akan disambungkan pada stop kontak daya listrik maka carilah yang sedikit lebih panjang yaitu sekitar 1m. Hal ini dilakukan agar ketika televisi akan dipindahkan tidak mengganggu kabel.

  1. Jangan membeli kabel yang memiliki harga mahal,
Secara umum, semua jenis HDMI hanya berfungsi sebagai menyalakan dan mematikan. Tidak ada fungsi lain selain itu. Jadi, pastikan Anda memilih kabel dengan harga yang tidak berbeda dengan lainnya. Jangan memilih kabel yang harganya lebih mahal karena fungsinya sama.

  1. Siapkan penguat sinyal jika kabel yang dimiliki sangat panjang,
Jika Anda ingin menggunakan HDMI yang akan disambungkan pada beberapa perangkat elektronik misal, televisi, handphone, kipas angin dan lain sebagainya maka siapkanlah kabel tambahan yang lebih panjang. Kabel tambahan tersebut berfungsi untuk mentransfer sinyal dari HDMI kepada banyak elektronik yang lebih dari satu.
foto:bukalapak.com
Secara umum penggunaan kabel HDMI sangatlah mudah yaitu hanya memasangkan kabel pada televisi lalu menghubungkan sisi lain pada perangkat kedua, seperti handphone, komputer dan lainnya. Dengan menggunakan kabel tersebutlah maka data-data akan terkirim pada televisi sehingga video atau audio dalam perangkat kedua dapat diperlihatkan melalui televisi. Walaupun penggunaannya cukup mudah, tapi untuk bisa menyambungkan HDMI ke perangkat dengan baik maka perlu memahami cara kerjanya. Dimana pada setiap elektronik belum tentu bisa dipasangkan kabel tersebut. Jenis kabel ini sangat mudah untuk didapatkan yaitu Anda hanya perlu pergi ke toko elektronik dan menanyakannya pada petugas toko mengenai HDMI ini.