Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Travelling

Comments

Kontributor

Rabu, 03 Mei 2017

Merintis Usaha Kue dari Rumah

Dengan adanya dukungan pemerintah bagi rakyat untuk membuka usaha kecil maka ide bisnis rumahan pun semakin mudah diwujudkan. Salah satu bisnis yang semakin marak adalah membuat kue di rumah. Perlu diingat, dalam memproduksi makanan, biasanya ada hukum yang mengatur agar tak sembarangan. Nah salah satunya adalah BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Lakukan pencarian informasi yang berkaitan dengan perizinan bisnis makanan. Kemudian ketahui juga persyaratan dan tanggung jawab Anda.

Setelah Anda melakukan verifikasi bahwa Anda dapat bekerja secara legal dari rumah, maka putuskan jenis kue apa yang ingin dijual. Lakukan pengecekan dua kali dan tiga kali bahwa peroduk Anda dapat dijual dari rumah berdasarkan hukum yang berlaku. Beberapa hukum mengenai makanan tak memperbolehkan penjualan makanan yang memiliki risiko bahaya, atau makanan yang harus beku. Tentu saja ini dapat menyingkirkan makanan favorit yang tahan lama seperti cheese cake, tiramisu, dan lain-lain. Mulailah bisnis berdasarkan perizinan yang kokoh dengan produk yang diperbolehkan oleh hukum.

Rencana Bisnis
Kendati bagi Anda hanyalah merupakan bisnis sampingan, tetapi tetap saja Anda perlu mengembangkan rencana bisnis. Seberapa besar biaya produk yang perlu dikeluarkan dan berapa banyak Anda akan menjualnya? Bagaimana cara Anda menjualnya? Bagaimana Anda memasarkan diri Anda? Apakah ada permintaan produk Anda di wilayah Anda? Seberapa lama akan mendatangkan laba? Rencana bisnis Anda akan mengatakan pada Anda apakah bisnis Anda layak atau tidak. Cukup sepadan untuk membuat rencana ketimbang membentur-benturkan kepala ke tembok sambil heran mengapa bisnis Anda tak berjalan.
Tetapkan harga yang benar sejak awal. Lebih mudah untuk memulai pada tingkat yang tepat ketimbang mulai rendah dan berharap pelanggan akan mengerti ketika Anda mulai menaikkan harga. Apakah Anda lebih suka membuat 10 kue dengan harga per kue Rp 30 ribu atau membuat satu kue dengan harga Rp 500 ribu? Kerja dengan lebih pintar bukan lebih keras.
Anda adalah bos dari bisnis Anda. Merupakan hal yang memungkinkan untuk memberikan layanan luar biasa pada pelanggan sambil tetap patuh pada kebijakan bisnis. Anda merupakan kapten dari kapal bisnis Anda. Jangan biarkan bisnis Anda yang menjalankan Anda. Terkadang bisnis rumahan dapat melelahkan karena Anda selala bekerja. Padahal Anda boleh lho menyisihkan jam untuk tak menjawab telepon. Dan jangan takut membiarkan telpon masuk ke kotak pesan suara, bisa juga tak menjawab email hingga besok hari.

Keselamatan Makanan
Sebaiknya ikuti kursus mengenai penanganan makanan atau pengelolaan makanan. Keselamatan makanan merupakan hal yang penting bagi bisnis Anda. Jika Anda menyebabkan seseorang sakit, mka bisnis Anda kemungkinan tak akan pernah bisa pulih kembali. Keselamatan makanan tak sulit, tetapi membutuhkan ketekunan di dapur. Sebaiknya jaga anak-anak dan hewan peliharaan agar tak masuk dapur selama waktu penyiapan dan saat produksi kue.

Pemasaran dan Jaringan
Buat situs web dan halaman Facebook untuk pemasaran. Cukup banyak yang pemasaran pada Facebook yang bisa dicapai dengan gratis atau setidaknya tak terlalu mahal. Pentingnya situs web dengan tampilan yang profesional, melakukan optimaslisasi yang layak dengan kata kunci yang tepat. Namun demikian seluruh hal promosi tersebut tak dapat menggantikan mekanisme promosi dari mulut ke mulut. Satu kue yang berhasil pada suatu acara sangat berpotensi untuk meluncurkan bisnis Anda.
Demikianlah beberapa tips untuk menjalankan usaha kue rumahan.