Sebelum Membeli Micro SD Baiknya Simak Dulu 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Berikut Ini! - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 21 April 2017

Sebelum Membeli Micro SD Baiknya Simak Dulu 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Berikut Ini!

Bagi pengguna handphone pintar sudah tentu akrab sekali dengan micro SD yakni memori eksternal yang bisa ditambahkan ke perangkat handphone. Memori eksternal ini berfungsi untuk menyediakan ruang penyimpanan pada perangkat handphone yang digunakan. Tentu akan sangat membantu mengingat memori internal handphone saat ini masih sangat terbatas. Jikalau menghendaki optimalisasi pada handphone maka dianjurkan menambahkan kartu memori yang sesuai supaya bisa berfungsi dengan maksimal.

Memori internal perangkat handphone memang memiliki fungsi terbatas yakni menampung aplikasi dan cache yang muncul dari penggunaannya. Sementara untuk data lain misalkan foto, video, dan sebagainya memang bisa disimpan langsung ke memori internet. Akan tetapi tidak mampu menampung cukup banyak karena kapasitasnya sendiri akan terbatas. Nantinya jika dipaksakan maka kinerja handphone pun akan melemah oleh sebab itu jika sayang dengan handphone Anda, rajinlah membersihkan data dan merapikannya. Jangan lupa untuk memanfaatkan kartu memori. 


Memilih Kartu Memori Eksternal Terbaik

Di pasaran tersedia beragam kartu memori dan tentu saja memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai media penyimpanan file tambahan. Kapasitas yang tersedia pun beragam mulai dari 1GB sampai ratusan GB tersedia, dan tentunya perlu disesuaikan dengan handphone itu sendiri. Sebelum membeli pastikan mengecek perangkat handphone yang Anda pakai kompatibel ditambahkan memori eksternal. Pasalnya beberapa vendor sengaja menghapus fitur slot memori eksternal sebab merasa sudah menyediakan penyimpanan internal super lapang.

Menambahkan micro SD pada handphone tentu lebih banyak faedahnya, maka pastikan saat membeli handphone yakin bisa ditambahkan ruang penyimpanan tambahan ini. Kemudian dalam menentukan kartu memori ada sekian hal perlu diperhatikan, misalnya:

1.    Memperhatikan merek kartu memori,
Merek memang penting untuk diperhatikan tatkala membeli kartu memori eksternal untuk perangkat handphone. Pastikan membaca ulasan merek tertentu yang dijumpai di pasaran, dan pastikan reputasinya baik dengan ulasan yang memang positif. Besar kemungkinan nantinya akan memperoleh kartu memori yang bisa diandalkan.

2.    Kapasitas penyimpanan yang memang sesuai,
Soal kapasitas baiknya diperhatikan dengan betul, dan wajib sekali untuk disesuaikan dengan kebutuhan maupun kapasitas dari handphone yang digunakan. Kali pertama menentukan kapasitas cek dulu perangkat handphone Anda mempunyai menampung memori dengan ukuran berapa. Ada banyak kasus memasang kartu memori yang melebihi kemampuan handphone, dan alhasil kartu memori rusak dan paling parah handphone Anda akan error. Maka baiknya disesuaikan saja.

3.    Perhatikan mengenai class dari kartu memori,
Banyak orang tidak tahu apakah semua memori yang dijual di toko aksesoris handphone adalah sama. Pasalnya banyak orang berujar kapasitas memori bisa saja sama namun kenyamanan saat dipakai nantinya akan nampak perbedaan mencolok. Hal ini memang benar adanya, sebab kartu memori eksternal handphone di pasaran terbagi ke dalam beberapa class. Paling tinggi adalah class 10 yang memfasilitasi kegiatan bermain game, merekam video, membuka internet, dan sebagainya menjadi lebih nyaman.

4.    Memperhatikan sistem garansi yang diberlakukan,
Kartu memori handphone ada garansinya, ya? Wah, jawabannya memang ada dan tentunya dengan catatan Anda membelinya di toko terpercaya. Sebab semua merek kartu memori eksternal untuk handphone dilengkapi dengan garansi, sayangnya banyak penjual sering lupa atau pura-pura lupa menyampaikannya. Masa garansi ini variatif antara 1 tahun sampai seumur hidup, perhatikan dengan baik ketentuannya seperti apa. Siapa tahu ke depannya Anda tidak perlu membeli micro SD  berulang-ulang karena alasan terjadi error.

Post Top Ad