Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Travelling

Comments

Kontributor

Senin, 14 November 2016

Tanoto Foundation: Syarat Beasiswa untuk Guru di Sumatera Utara, Riau, dan Jambi


            Guru merupakan garda terdepan dalam dunia pendidikan. Meningkatkan kualitas para pengajar, tentu meningkatkan kualitas generasi bangsa. Kemampuan guru yang semakin baik akan menghasilkan sistem pembelajaran yang kian baik juga.
Bukan hanya siswa, para guru juga butuh untuk meraih pendidikan terbaik agar kemampuannya bertambah. Tanoto Foundation yang didirikan oleh keluarga Sukanto Tanoto mencoba memudahkan upaya para guru mendapat pendidikan dengan memberi beasiswa. Program tersebut mereka namai sebagai beasiswa Tanoto Foundation.
            Program beasiswa ini khusus untuk jenjang pendidikan S1. Berbeda dengan beasiswa Indonesia lain, beasiswa Tanoto Foundation tidak hanya mencakup pemberian uang kuliah namun juga melengkapinya dengan uang tunjangan buku yang dapat dimanfaatkan oleh para guru selama pendidikan. Tanoto Foundation juga berusaha meningkatkan kualitas guru dengan memberi beragam jenis pelatihan dan pemberdayaan.
            Namun, ada beberapa syarat khusus jika para guru ingin mendapatkan beasiswa guru dari Tanoto Foundation. Syaratnya tidak merepotkan dan mudah dipenuhi. Apa sajakah itu?

MENGAJAR DI SEKOLAH MITRA
            Syarat mendasar yang harus dipenuhi bagi para guru ialah status sebagai pengajar di sekolah mitra Tanoto Foundation. Selama ini, Tanoto Foundation telah menjalin kemitraan dengan sekitar 466 sekolah di Sumatera Utara, Jambi, dan Riau.
Hal itu bertujuan agar pemerataan pendidikan tetap terjaga. Para guru yang mendapatkan beasiswa Tanoto Foundation wajib untuk tetap mengajar sembari kuliah dan terus di aktif sekolahnya minimal dalam jangka waktu dua tahun sesudah lulus kuliah.

LOLOS SELEKSI
            Ada beberapa jenis seleksi yang dilakukan oleh Tanoto Fondation bagi para guru yang mengajukan beasiswa. Persyaratan dimulai dari administrasi seperti umur maksimal 38 tahun pada saat tenggat pengajuan beasiswa. Selain itu, calon penerima beasiswa mesti memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,25 bagi mereka yang tengah menjadi mahasiswa Universitas Terbuka atau 2.75 untuk perguruan tinggi lainnya.
            Setelah mengisi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan dari Kepala Sekolah serta beragam dokumen lain yang dibutuhkan, tentu masih ada tes lain seperti psikologi dan wawancara yang harus dilalui.

AKTIF DALAM KEGIATAN KEMASYARAKATAN
            Ini adalah salah satu faktor yang penting dalam beasiswa Tanoto Foundation. Penerima beasiwa diharapkan adalah sosok yang aktif dalam kegiatan di masyarakat. Sebab, pada dasarnya, kegiatan Tanoto Foundation tidak hanya sekadar memberi beasiswa, namun juga ingin menggugah kepedulian terhadap sekitar.
            Itulah beberapa syarat yang mesti dipenuhi oleh para guru untuk mendapatkan beasiswa Tanoto Foundation yang diselenggarakan setiap tahun. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa mengakses situs resmi Tanoto Foundation di www.tanotofoundation.org. Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas!