Internet Satelit : Jawaban Untuk Internetan Di Daerah Terpencil - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 25 November 2016

Internet Satelit : Jawaban Untuk Internetan Di Daerah Terpencil

Internet Satelit
Internet satelit adalah sebuah jenis jaringan internet, yang memanfaatkan satelit sebagai jalur telekomunikasinya. Dalam berlangganan internet satelit, ISP (Internet Service Provider) tidak perlu menarik kabel kerumah pelanggan. 

Pelanggan cukup menyewa atau membeli perangkat VSAT yang disediakan oleh ISP. VSAT adalah sebuah antena berbentuk parabola yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan satelit. Lalu teknisi-teknisi dari ISP tersebut akan menginstalasi perangkat-perangkat antena VSAT ditempat pelanggan. Paling cepat 1 jam, paling lama setengah hari. Cepat dan mudah. 
ilustrasi foto:liputan6.com
Untuk mempelajari lebih jauh tentang apa itu internet satelit, silahkan anda cek artikelnya. Dengan membaca artikel ini, anda akan lebih mengerti kenapa internet satelit merupakan solusi yang baik untuk Indonesia yang notebene adalah negara kepulauan. 

Kebutuhan Internet Yang Primer
Banyak sekali di negara kita ini, orang-orang yang masih belum dapat menikmati internet dengan leluasa. Contohnya orang-orang yang tinggal di di pulau-pulau di Indonesia. Sulit sekali untuk mereka untuk memperoleh internet. Ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.  

Padahal seperti yang kita rasakan sendiri, kebutuhan akan internet ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama selain sandang, pangan & papan. Sekarang menjadi sandang, pangan & internet. Kalau rumah… punya sukur, ngga punya ya masih bisa ngekos.

Ini karena internet memang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dalam banyak bidang, seperti bisnis, telekomunikasi, perdagangan, pendidikan, sosial media, politik, berita, buku, musik.. wah banyak sekali dan tidak mungkin rasanya disebutkan semua. 

Alangkah baiknya bila pengadaan internet ini menjadi sebuah keharusan di Indonesia. Dimana pemerintah memberikan fasilitas-fasilitas internet kepada sekolah-sekolah dan pemda setempat. Sehingga peningkatan ekonomi dan kualitas pendidikan di daerah jauh lebih baik.
Internet satelit dapat menjadi jawaban bagi kebutuhan internet kepulauan, pedalaman, dan daerah-daerah terpencil. Seharusnya lebih dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan bersama.

Post Top Ad