Memahami Pengertian Filsafat dari berbagai aspek - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 01 Agustus 2016

Memahami Pengertian Filsafat dari berbagai aspek

Muxika.info - Memahami Pengertian Filsafat dari berbagai aspek merupakan judul yang akan saya bahas pada postingan kali ini, beberapa lama vakum dan lebih banyak mengisi blog dengan berbagai postingan review maupun placement content dan sangat jarang saya mengisi blog dengan materi yang berisi dengan pendidikan, seperti dulu adanya.

Pengertian Filsafat dari berbagai aspek
Memahami Filsafat dari berbagai aspek foto:okezone.com
Baiklah tak perlu kita berpanjang lebar, kali ini saya ingin membahas filsafat yaitu suatu kajian tentang pemikiran yang mendalam yang biasanya mengisi hari-hari kita tetapi tanpa kita sadari dan ketahui bahwa kita sendiri ternyata telah banyak berfilsafat. ada beberapa point penting dalam memahami filsafat: (klik tautan untuk membaca selanjutnya)
  1. pengertian filsafat menurut asal kata dari berbagai bahasa
  2. pengertian filsafat dari para filosof terkenal
  3. pengertian filsafat berdasarkan analisis sasaran, proses dan tujuan orang berfilsafat
  4. pengertian filsafat dari tokoh-tokoh masyarakat yang dianggap pakar filsafat
  5. pengertian filsafat yang dikemukakan penulis buku filsafat yang cukup terkenal
  6. pengertian filsafat hasil kolaborasi berbagai pendapat yang ada. (soegiono:2012,4)
dari beberapa point pengertian filsafat di atas, mari kita membahas dan memahami Memahami Pengertian Filsafat dari berbagai aspek.

1. Filsafat ditinjau dari asal kata

Filsafat berasal dari bahasa Arab yaitu falsafah yang dikaitkan dengan kata Sofiah yang berarti bijaksana dan dari kata Sufi yang berarti ahli berfilsafat. kemudian dari Eropa filsafat juga mempunyai istilah yang berbeda, dari bahasa latin atau Yunani, Filsafat merupakan penyatuan dua kata yaitu Philo dan Sophia, Philo berarti teman, atau sahabat sedangkan Sophia juga berarti bijaksana. itu kalau filsafat ditinjau dari segi bahasa, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa sebenarnya filsafat bukanlah kebijaksanaan, tetapi adalah kebenaran, sehingga kata filsafat bisa diartikan sebagai cinta kebenaran. 

Kalau dilihat dari arti yang implisit maka filsafat mengandung makna adanya keinginan orang untuk berfilsafat yaitu makna tentang menjunjung tinggi kebenaran atau kebijaksanaan, yaitu agar manusia dapat hidup damai, baik bagi dirinya maupun hidup bersama orang lain.

Kemudian muncul lagi persoalan lain, yaitu apa yang dimaksud dengan kebenaran atau kebijaksanaan dalam konteks filsafat. lepas dari arti kedua kata tersebut bahwa filsafat mengandung misi moral. suatu pedoman hidup yang baik untuk dipedomani sehingga tidak salah kalau ditinjau dari segi makna arti kata filsafat berarti senang atau cinta kebijaksanaan. (soegiono:2012,5)

dikutip dari buku Filsafat Pendidikan, teori dan praktik oleh Drs. H. Soegiono, M.M dan Dr. Tamsil Muis
untuk aspek-aspek pengertian filsafat yang lain akan kita bahas pada postingan selanjutnya, sementara memahami pengertian filsafat dari berbagai aspek kita tutup dulu.
Wassalam

Post Top Ad