Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Travelling

Comments

Kontributor

Selasa, 07 Juni 2016

Mengenal Wisata Lawang Sewu dan Museum Jamu Nyonya Meneer di Semarang

Muxika.info - Wisata Lawang Sewu dan Museum Jamu Nyonya Meneer di Semarang topik postingan kali ini, Jalan Jalan merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, apalagi menuju suatu tempat yang baru dan belum pernah melihatnya maka hanya ada dua hal yang merubah suasana hati, Its amazing atau ah biasa aja. Jadi tak ada salahnya kalau jalan-jalan juga dengan tujuan tertentu, entah itu nyari cinta, uppsss,,,nyari kuliner nyari kebutuhan maupun hal lainnya yang bisa dijadikan sangon buat balik ke rumah nanti.

Semarang yang berasal dari kata Asem Arang ini dulunya merupakan sebuah kabupaten kecil saja, dikutip dari wikipedia bahwa tanggal 2 mei 1547 yang juga bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad Saw 12 Rabiul awal tahun 954 hijriyah disahkan oleh Sultan Hadiwijaya berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga maka lahirlah kota Semarang yang hingga kini tanggal 2 mei merupakan Hari Ulang Tahun [HUT] Kota Semarang.

Simpang Lima Semarang dikeliling bangunan tinggi menjulang
Terdapat berbagai wisata kota di Semarang ini yang akan anda dapati ketika memasuki kotanya, Simpang Lima Semarang yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan dan Hotel yang tingginya selangit, bisa dijadikan pilihan mana Tarif hotel murah Semarang yang bisa menghemat biaya jalan-jalan anda di kota ini, tetapi untuk postingan kali ini, kita hanya akan membahas dua wisata kota Semarang yaitu Wisata Lawang Sewu dan Museum Jamu Nyonya Meneer.
1. Wisata Lawang Sewu

Lawang sewu tampak depan
Lawang sewu tahun 1920-an


Koridor Lawang Sewu
Lawang sewu yang dalam bahasa jawa berarti pintu seribu merupakan salah satu destinasi wisata kota Semarang, tempat ini merupakan salah satu situs sejarah kota Semarang. Selain kita mempelajari sejarah kita juga bisa mengeksplor berbagai sudut ke sudut keindahan bangunan lawang sewu ini.

Dulu bangunan ini merupakan bangunan NIS atau Nederlands(ch)-Indische Spoorweg Maatschappij yaitu perusahaan kereta api Hindia Belanda. Meskipun pintu dari bangunan ini tidak mencapai seribu tetapi karena banyak dan jendela-jendelanya yang juga besar sehingga disebut orang lawang, walaupun sebenarnya itu merupakan jendela. Selain itu kalau anda beranjak ke lantai bawah tanah dari lawang sewu ini anda akan melihat pemandangan yang agak senyap, menurut mereka lantai ini agak angker.


2. Wisata Museum Jamu Nyonya Meneer
 
foto:Indonesiakaya.com


bagian koleksi museum Jamu Nyonya Meneer foto:flickr.com


Anda pasti sudah tak asing lagi dengan istilah jamu nyonya meneer ini, ternyata Jamu ini berasal dari kota Semarang, Jamu Nyonya meneer yang biasa kita lihat di televisi maupun berbagai iklan ternyata berdiri sejak 18 Januari 1984, museum ini merupakan museum jamu pertama yang ada di Indonesia. yang bertempat di Jalan Kaligawe Km 4 Semarang. 

Di dalam museum Jamu Nyonya Meneer ini terdapat dua bagian yaitu bagian pertama adalah bagian produksi pembuatan jamu dan bagian kedua adalah bagian berbagai barang koleksi nyonya meneer. Wisata Museum Jamu Nyonya Meneer ini merupakan warisan budaya tradisional Semarang sebagai pusat informasi dan promosi dan juga sebagai media tentang jamu yang sangat berkhasiat buat kesehatan tubuh karena berasal dari tanaman-tanaman obat di Indonesia.

Jadi bagi sobat yang menunjungi kota Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi Wisata Lawang Sewu dan Museum Jamu Nyonya Meneer di Semarang, karena selain kita jalan-jalan kita juga belajar tentang budaya dan sejarah kota Semarang selain itu kita juga lebih mengenal ragamnya Indonesia.
Salam