Melihat lebih dekat Pasar Klewer Solo - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 16 Juni 2016

Melihat lebih dekat Pasar Klewer Solo

Muxika.info - Kali ini kita akan mengexplore lebih dekat tempat wisata yang ada di Solo, yaitu Pasar Klewer Solo, siapa yang tak kenal pasar ini, bahkan bagi penduduk Indonesia pasar ini sudah terkenal hampir di seluruh para penduduk dari berbagai pulau yang ada di belahan negara ini, tapi dari kita hanya pernah mendengarnya saja sedangkan melihat mengunjungi bahkan mengetahui seluk beluk pasar klewer ini tak pernah kita ketahui, oleh karena itu saya kali ini akan membagikan informasi tentang Pasar Klewer di Kota Solo yang meskipun saya sendiri belum pernah ke sana, kemaren ke Jogja ya Cuma lewatin aja Semarang ama Solo. Tetapi jangan murem dulu apalagi nutup tab laman blog ini, karena kita akan mengulasnya lebih dalam, yang pastinya dengan cara merangkum dari berbagai sumber tentang Pasar Klewer yang ada di Solo ini.

Gerbang Pasar Klewer Solo
Gerbang Pasar Klewer Solo foto:wikipedia
Sejarah Pasar Klewer di Solo
Dikutip dari wikipedia, pasar ini awalnya merupakan tempat persinggahan atau pemberhentian kereta api pada masa penjajahan Jepang, awal namanya pun bukan sebagai pasar klewer tetapi adalah slorempet, yang berasal dari bunyi terompet. (pret-pret-preeetttttt) haha bukan seperti itu kok bunyi terompet. Di pasar ini dijajakan berbagai macam kain yang dislempangkan di bahu kemudian kalau penjualnya berjalan maka akan terlihat bersleweran dari jauh, hingga akhirnya terkenal lah pasar ini dengan sebutan Pasar Klewer, penjualnya pun berasal dari Banjarsari dan Bukit Urang, kemudian pasar ini berkembang terus dari 1942-1968 dan hingga akhirnya Presiden Soharto membangun bangunan bertingkat dan menjadi pasar permanen pada 9 Juni 2970. (ane belum lahir gan).

Jenis Barang yang Dijual di Pasar Klewer
Terdapat berbagai jenis barang yang dijual di Pasar Klewer ini, tetapi yang paling dominan adalah berbagai jenis kain dan pakaian, mulai dari anak-anak hingga pakaian dewasa, dan yang paling terkenal di pasar ini adalah kain Batik, siapa yang tak kenal batik, kain yang merupakan menjadi kain khas dari Indonesia ini merupakan salah satu pakaian resmi yang wajib dipakai para pegawai sehari dalam seminggu, begitu juga di sekolah-sekolah, para siswa pun diwajibkan memakai baju batik sehari dalam seminggu, biasanya hari kamis. Nah batik yang dijual di Pasar Klewer ini adalah Batik yang berbagai macam kualitas pastinya, dari Batik yang paling murah hingga yang paling mahal, bahkan batik ukir pun banyak di sini. Di Indonesia sendiri batik ukir hanya terdapat di beberapa daerah di Jawa seperti Jogja dan Solo.
Jenis Pakaian Batik yang dijual di Pasar Klewer
Jenis Pakaian Batik yang dijual di Pasar Klewer foto:republika.co.id
Apa yang membuat Pasar Klewer Solo ini jadi terkenal di Indonesia?
Banyak yang membuat pasar klewer menjadi terkenal, salah satunya adalah karena harga pakaian di pasar ini sangat murah, bahkan berbagai jenis batik pun juga lebih murah dibanding tempat lainnya, sehingga menjadi tempat favorit bagi para pencinta batik untuk membeli dan mencari berbagai batik yang indah dan murah di tempat ini.

Alamat Pasar Klewer di Solo 
Jalan Dr. Radjiman Solo
Berikut beberapa sudut foto dari Pasar Klewer ini :
pasar klewer solo
Foto:pegipegi.com

pasar klewer solo
foto:BBC.com

pasar klewer solo
Foto:solopos.com
Selain itu bagi anda yang bingung ingin mencari penginapan di Pasar Klewer ini, jangan bingung karena ada ratusan tempat penginapan dan Hotel di Solo yang bisa anda jadikan pilihan dengan harga yang murah dan tempat yang nyaman pastinya.

Post Top Ad