inilah tempat wisata pilihan di Banjarmasin - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 01 Mei 2016

inilah tempat wisata pilihan di Banjarmasin

Tempat wisata di Banjarmasin akan menjadi topik utama pada postingan kali ini, yah Banjarmasin yang merupakan ibukota Provinsi dari Kalimantan Selatan ini merupakan kota yang berjuluk seribu sungai, banyak sungai-sungai kecil di kota ini sehingga anda akan sering menemui jembatan pada jalan-jalan kecil pemukiman penduduk.

Menurut wikipedia, kota ini merupakan kota yang paling besar dan paling padat penduduk di pulau Kalimantan [Borneo] dengan seluas 72 km persegi dengan jumlah penduduknya 675.440 jiwa "data sensus pada tahun 2015".

baiklah kita tidak perlu berpanjang lebar tentang kota Banjarmasin ini, karena topik kita adalah objek wisatanya, untuk selengkapnya mengenai kota ini bisa anda buka laman web di wiki tersebut. selanjutnya yuk jalan-jalan keliling kota Banjarmasin!

Tempat Wisata di Banjarmasin

1. Pasar Terapung
Siapa yang tak kenal pasar terapung, objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata andalan kota Banjarmasin, karena merupakan salah satu budaya kehidupan dari kota ini, dengan julukan kota seribu sungai maka sangat tepat keberadaan pasar terapung ini di tengah masyarakat, meskipun berbagai pasar modern dan pasar tradisional sudah menjamur di kota ini.

Pasar Terapung Lokbaintan foto:condenasttraveler.tumblr.com



Jual beli di pasar terapung ini sistemnya pun masih terdapat sistem barter, yaitu penjual dan pembeli melakukan transaksi dengan cara bertukar barangnya, misalnya si pembeli mempunyai beras dan kemudian menukarnya dengan buah-buahan si penjual, dengan ukuran tertentu atau bisa juga dengan sistem kerelaan.

Pasar terapung di Kota Banjarmasin ini terdapat pada beberapa tempat, sementara ini sepengetahuan saya ada tiga tempat,

A. Pasar Terapung di sungai Martapura [pantai jodoh]

Pasar terapung yang satu ini merupakan tempat pilihan para wisatawan lokal maupun luar, karena terletak di jantung kota, yaitu di sungai Martapura tepatnya di siring seberang Mesjid raya Sabilal Muhtadin, orang sering menyebutnya dengan nama pantai jodoh meskipun tidak ada pantainya. pasar terapung di pantai jodoh ini sudah bisa anda temui ketika malam minggu atau sabtu malam, dan puncak keramaiannya di pasar ini pada hari minggunya, karena selain masyarakat banyak yang berolahraga di seputaran mesjid raya, dan juga wisatawan banyak yang datang, setiap minggu pagi jalan sekitar mesjid raya ini ditutup khusus untuk Car Free Day (CFD), jalan ini khusus untuk para perolahraga dan senam pagi. setelah selesai berolahraga maka pilihan terbaik adalah berbelanja di pasar terapung ini.

B. Pasar Terapung di Kuin

Pasar terapung ini merupakan salah satu pasar terapung yang paling tua, meski sekarang pesonanya mulai memudar, mungkin disebabkan hadirnya pasar tradisional dan pasar kampung yang sudah ada di berbagai tempat, pasar ini bisa anda temui dari setelah subuh 06:00 hingga sekitar jam 9 pagi, jadi kalau sudah terlampau siang, bisa dipastikan anda tidak akan menemukan pasar ini, karena para penjual sudah balik, dan hanya sungai luas yang terlihat.

Pasar Terapung di Kuin ini merupakan tempat wisata yang strategis di Banjarmasin, karena seperti pepatah "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui", mengapa begitu? karena selain mengunjungi pasar terapung anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata lainnya yang sangat berdekatan dengan pasar ini, yaitu Mesjid Sultan Suriansyah salah satu mesjid tertua di Banjarmasin, Makam Sultan Suriansyah yaitu makam salah satu Raja Banjar. kemudian kalau anda menyewa kelotok [perahu kecil bermesin] anda bisa menuju pulau kembang.

C. Pasar Terapung di Lokbaintan

Pasar terapung Lokbaintan ini merupakan pasar terapung yang masih ramai hingga sekarang, tak sedikit para wisatawan lokal maupun luar banyak yang berkunjung ke tempat ini, entah itu berbelanja maupun sekedar foto-foto saja.

Apa yang membuat pasar terapung di Lokbaintan ini masih ramai? mungkin karena kehidupan sungainya yang masih aktif, nuansa kehidupan yang masih klasik jauh dari kehidupan modern adalah salah satu daya tariknya, kalau anda berkunjung ke sini jangan lupa naik perahu dan lihat lah bagaimana kehidupan sungainya, masyarakat melakukan berbagai aktifitas di sungai.

2. Wisata Siring Sungai Martapura
Salah satu objek wisata yang menarik di Banjarmasin ini adalah siring sungai martapura, siring ini sangat panjang, dari sungai daerah pasar lama hingga ke depan kantor walikota. sedangkan siring yang paling ramai adalah daerah pantai jodoh atau seberang Mesjid raya Sabilal Muhtadin.

a. Wisata Kuliner Pantai Jodoh
Setiap malam di tempat ini merupakan tempat wisata kuliner dengan menikmati alunan sungai dengan semilirnya angin malam kota Banjarmasin. berbagai jajanan tersedia di sini, seperti jagung bakar, roti bakar, dan menu lainnya, para pembeli duduk beralaskan tikar ataupun karpet di pinggiran sungai, sembari menikmati bunyi kelotok yang lewat, sambil menikmati cahaya lampu siring dan jembatan di pinggiran sungai.

b. Menara Pandang Siring

Menara ini merupakan menara tinggi yaitu salah satu bangunan objek wisata yang baru saja dibangun oleh pemerintah Kalimantan Selatan, menara ini selain untuk kuliner juga biasanya tempat acara-acara budaya maupun acara resmi, seperti acara pemilihan nanang-galuh banjar (acara pemilihan putra dan putri Banjar) bisa sebagai duta pariwisata maupun hal lainnya.

c. Patung Bekantan di Siring

Patung yang sangat besar ini merupakan salah satu maskot dari Kalimantan Selatan, yaitu binatang bekantan yang sekarang ini semakin punah, binatang dengan ciri berhidung panjang dan kulitnya berbulu berwarna kuning tua kecoklatan, Bekantan yang merupakan salah satu spesies langka dari kera ini hanya ada di Kalimantan Selatan, sehingga binatang ini dijadikan sebagai maskot kota, konon katanya sejarah Bekantan ini merupakan seorang Belanda yang dikutuk menjadi kera, dan jadilah bekantan. entahlah itu hanya cerita angin saja.

d. Wisata Kuliner Nasi Kuning Pasar Lama


meskipun bukan merupakan tempat wisata dan bukan objek wisata yang resmi, tetapi nasi kuning pasar lama ini merupakan salah satu objek yang banyak diminati oleh para warga Banjarmasin, tidak perlu bingung untuk mencapainya, anda hanya berjalan dari siring pantai jodoh hingga jembatan pasar lama, di sana anda akan melihat warung-warung di pinggir jalan, dengan khasnya menjual nasi bungkus nasi kuning, warung-warung ini masih buka hingga jam 3 malam. sehingga kuliner yang satu ini merupakan salah satu tempat pilihan bagi anda yang kelaparan tengah malam, atau bagi anak backpackeran sangat cocok, karena nasi di sini sangat murah, cukup dengan uang 7ribu anda sudah bisa membeli dengan memilih berbagai lauk yang tersedia.

Wisata Jembatan di Kalimantan Selatan

1. Jembatan Barito

Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang dan terbesar di Kalimantan Selatan tepatnya untuk menghubungkan wilayah kalimantan selatan dengan kalimantan tengah, terletak di kabupaten barito kuala.

Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Suharto ini merupakan jembatan kebanggaan warga kalimantan selatan, sehingga banyak para wisatawan berkunjung ke tempat ini.

sekarang ini sedang populer teknik bungul jumping [aksi melompat dari atas jembatan] bungul sendiri dalam bahasa banjar bisa berarti bodoh atau gak pinter. dengan dilengkapi perlengkapan safety maka seseorang melompat dari atas jembatan barito ini. salah satu aksi yang dilakukan oleh artis MTMA (my trip my adventure) di bawah ini bisa menggambarkannya :


2. Jembatan Rumpiang

Desain jembatan rumpiang ini menyerupai jembatan di luar negeri, sehingga jembatan yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata di banjarmasin, jembatan yang menghubungkan sungai barito ini merupakan jembatan penghubung untuk bisa sampai ke kota Marabahan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.

3. Jembatan Banua Anyar

kok jembatan ini dimasukin sebagai objek wisata! tenang dulu sobat, memang jembatan ini bukanlah objek wisata, tetapi di bawah jembatannya yang merupakan tempat wisata :

a. Museum Wasaka

museum wasaka merupakan salah satu museum yang menggambarkan bagaimana perjuangan warga Kalimantan Selatan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI, museum ini museum yang sangat sederhana, dengan desain rumah banjar kemudian ada taman dan dermaga, terletak persis di bawah jembatan banua anyar.

b. wisata kuliner bawah jembatan

kalau anda ingin mencicipi soto banjar, makanan khas dari Kalimantan Selatan ini maka tempat ini merupakan salah satu tujuan yang tepat, dengan menikmati soto banjar anda juga bisa menikmati semilir angin sungai dan gemuruh air sungai barito. selain itu setiap hari libur atau minggu akan ada live music panting atau musik khas daerah banjar di warung ini, ada beberapa warung soto banjar pilihan di bawah jembatan banua anyar ini, silahkan coba satu-satu warung yang ada untuk mencicipi rasanya.

Wisata Sungai di Banjarmasin
Sungai merupakan salah satu jalur transportasi di Banjarmasin, sehingga wisata sungai pun bisa menjadi pilihan untuk anda yang berwisata ke Banjarmasin.

1. Pulau Kembang
pulau ini bukanlah pulau yang banyak bunga atau kembang, melainkan pulau ini adalah pulau bersemayam atau tempat tinggalnya para warik (kera/monyet). berbagai jenis kera akan anda dapati di pulau ini, baru saja anda melabuhkan kelotok di tempat ini, maka puluhan kera akan menyambut anda, tips ke pulau kembang ini, berbagai barang bawaan harus disimpan baik-baik, topi, kacamata, juga lebih baik simpan dalam tas, karena kera di sini bisa merebut barang bawaan anda.

2. Pulau Bakut
Pulau ini terletak di bawah jembatan Barito, pulau kecil ini bisa dijadikan sebagai tempat bermain, outbound dan aktifitas lainnya, sambil sesekali menikmati sungai barito. banyak anak muda yang berkumpul di tempat ini ketika sore hari.

3. Wisata keliling Banjar dengan Kelotok

Keliling Banjarmasin dengan kelotok merupakan salah satu destinasi wisata di Banjarmasin, anda akan dibawa berkeliling banjar menyusuri sungai dengan kelotok, banyak turis maupun warga lokal yang menikmati wisata satu ini, selain merasakan sensasi yang berbeda, kita juga bisa melihat langsung kehidupan sungai di Banjarmasin ini. selain itu kita juga bisa wisata religi dengan mengunjungi makam para wali dan habib yang ada di daerah Banjarmasin. seperti makam wali dan habib di Basirih dan di Sultan Adam.

Post Top Ad