Aneka Ragam Oleh-oleh Khas Banjarmasin - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 10 Mei 2016

Aneka Ragam Oleh-oleh Khas Banjarmasin

          Banjarmasin di sebut-sebut oleh masyarakat luas sebagai kota seribu sungai, merupakan sebuah sebutan yang pantas di karenakan kota ini mempunyai banyak aliran sungai yang membelah setiap wilayahnya. Merupakan kota yang paling padat di pulau Kalimantan dan merupakan ibu kota dari Kalimantan Selatan. Kalimantan merupakan pulau yang di lalui garis khatulistiwa karenanya suhunya-pun relatif cukup panas berkisar 25-38 derajat celcius.

          Tidak hanya itu saja yang menarik, kota ini mempunyai berbagai macam potensial yang dapat di olah kembali baik di dalam segi parawisatanya seperti: kekayaan alamnya dan budayanya.  Namun, potensial lainnya di tunjukan oleh kota ini seperti keadaan geologinya, dan geopolitiknya yang menyebabkan kota ini sebagai salah satu kandidat ibu kota negara Indonesia selanjutnya.

             Keunikan lainnya dari kota ini adanya sebuah kota yang memiliki tinggi pada permukaannya 60cm dari bawah permukaan laut. Jika anda sedang melintasi negeri ini menggunakan pesawat terbang anda akan melihat dari balik kaca pesawat anda, sungai Barito yang panjang bak membelah kota Banjarmasin. Sebuah landmark wisatanya adalah pasar terapung dan kota intan martapura mungkin  memang  sudah lebih akrab di dengar di telinga bagi masyarakat kebanyakan. Lalu bagaimana oleh-oleh khas Banjarmasin yang di tawarkan? Padahal anda sudah capek-capek ke Banjarmasin untuk berlibur; lalu apa yang bisa jadi buah tangan bagi orang tercinta di rumah? Jangan khawatir, ada oleh-oleh populer di Banjarmasin, dan berikut rinciannya.
Baca Juga :
Wisata Pilihan di Banjarmasin
Air Terjun Kilat api di Kalimantan Selatan
      

Batuan Mulia

            Kalimantan Selatan memiliki kota yang terkenal atas aset penjualan batuan mulianya, yaitu kota Martapura. Kota ini merupakan sebuah kota penghasil bebatuan mulia dan pendulangan intan di kota itu. Merupakan sebuah surga bagi para pengkoleksi batuan mulia dan tidak ada batuan mulia jenis apapun yang tidak dapat anda temukan di tempat ini.

            Di kota ini ada dua tempat bagi penjualan  batuan mulia bernama Pasar Batu dan Pasar Cahaya Bumi Selamat (CBS) yang merupakan pusat penjualan jual-beli batu mulia ini. Lokasinya memang strategis, prosesi jual beli seperti sebuah pasar tradisional, mengakibatkan proses penjual dan pembeli jauh lebih akrab sehingga memudahkan terjadinya transaksi penawaran. Batu mulia ini di olah menjadi berbagai macam pernak-pernik cantik seperti: cincin, kalung, gelang, dan ukiran monumental karakter dari batu giok.

           Jika hanya sekedar membelikan oleh-oleh harga gelang di bandrol 15.000 rupiah, namun jangan salah, harga batuan mulia ini tergantung jenis batuan apa yang anda minati. Bahkan jika anda berani memasang harga ratusan juta; di sini-pun penjual berani menjual batuan mulia setara saphire dan sejenisnya. Tidak perlu khawatir teknik penawaran layaknya pasar tradisional masih sangat di perbolehkan di tempat ini. Namun, jangan menawar harga terlalu jauh dari target semustinya ya! Jangan biarkan juga tubuh anda terposir untuk aktifitas menyenangkan di kota pasar terapung ini ya! Anda juga harus memikirkan kondisi diri anda untuk beristirahat sejenak di hotel ataupun penginapan! Jika anda tidak ingin terlalu repot silahkan pesan dari situs online tentang penyediaan hotel secara mudah dan praktis, contohnya saja seperti Traveloka.

Aneka Ragam Oleh-oleh Khas kota Banjarmasin

Sumber: penjualpermatamartapura.com
Kain Sasirangan

              Salah satu oleh-oleh khas kota Banjarmasin yaitu bernama kain Sasirangan yang merupakan sejenis kain batik khas kota Banjarmasin. Terdapat sebuah arti di balik nama Sasirangan ini yakni mengadopsi. Sa dalam artian nya adalah satu dan sirang berarti jelujur atau lajur. Dan dalam penjelasan secara bahasa sasirangan merupakan sebuah proses jelujur/lajur-an yang di simpul/diikat dengan menggunakan benang atau menggunakan tali kemudian proses selanjutnya kain ini di berikan pewarnaan pewarna kain dengan di celup.

             Terdapat kurang lebih 19 motif sebagai dasar pola pembuatan kain ini, diantarannya sebagai berikut: Sarigading, Ombak Sinapur Krang atau di sebut juga ombak yang menerpa batu karang, hiris pudak atau irisan daun pundak, bayam raja atau dalam artian daun bayam, kembang kacang atau daun kacang panjang, naga balimbur atau ular naga, kulat karikit atau jamur kecil, daun jeruju atau di sebut juga daun tanaman jeruju, bintang bahambur yakni bintang berhamburan di atas langit malam, gigi haruan atau gigi ikan gabus, turun dayang atau garis-garis, kangkung kaombakan atau daun kangkung, dan jajumputan atau jumputan.

             Tidak hanya 19 motif itu saja terdapat motif lain dan berkembang menjadi motif bagi kain ini seperti tampuk manggis atau bunga buah manggis, benawati atau warna pelangi dan sebagainya. Berdasarkan sejarah yang tercatat, masing-masing motif kain ini memiliki suatu peran penting bagi dalam upacara adat Banjar. Dahulu mungkin saja kain ini di gunakan sebagai upacara adat bagi suku Banjar namun, di tangan seniman yang memiliki kreatifitas tinggi. Kain ini siap di pasarkan ke seluruh pelosok negeri juga luar negeri untuk membanggakan Indonesia!

            Selain menjual batuan mulia kota Matapura yang lebih benarnya bagian pasar nya juga menjual kain ini, dimana di setiap stand tokonya kain ini di tawarkan dengan berbagai macam variasi di mulai dari harga 150.000 rupiah atau bahkan 210.000 rupiah, ayo keluarkan bakat terbaik anda dalam dunia tawar menawar!

Aneka Ragam Oleh-oleh kaos Khas Banjarmasin

Sumber: sribu-sg.s3.amazonaws.com
Kaos Banjar

             Di setiap wilayah pembuatan kaos dengan logo daerah sendiri memang sedang ramai di perbincangkan. Banjarmasin-pun tak mau kalah dan akhirnya ikut mengeluarkan nama brand ala kota intan ini. Mungkin anda sering mendengar istilah nama kaos Dagadu dari Yogyakarta dan Joger dari Bali, di sini Banjarmasin menamai kaos nya HY-Munk, unik kan?

            Hy-Munk ini memiliki suatu pengertian tersendiri yang berarti senang, dan bahagia. Lain halnya dengan kota lainnya yang sering kali memainkan kata di dalam kaos daerah mereka, Banjarmasin memiliki ide unik lain tersendiri, kota ini lebih memilih kaos sebagai jalur iklan bagi masyarakat untuk lebih mengenal kota Banjarmasin sebagai potensi di bidang budayanya atau bahkan di bidang wisatanya dan bahkan jejak budayanya tanpa harus mengurangi unsur artistik dari produknya membuat produk ini menjadi produk yang tidak bisa dilewatkan dan dikoleksi. Harga satu kaos ini di bandrol dengan harga 89.000 rupiah di setiap ukurannya.

Aneka Ragam sasirangan Oleh-oleh Khas Banjarmasin
Sumber: uploadwikimedia.org

Post Top Ad