Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Archive

Travelling

Comments

Kontributor

Sabtu, 30 April 2016

Tips berwisata ke Pulau Sempu dengan keindahannya

muxika.info - Bertualang ke pulau sempu merupakan suatu keinginan kebanyakan orang tapi bagi yang sudah mendengar berbagai keindahan pulau sempu dari telinga ke telinga, apalagi bagi warga Jawa, kebanyakan mereka ingin sekali berkunjung atau berwisata ke pulau ini. sedangkan bagi orang luar Jawa, tempat ini mungkin masih asing.

Keindahan Pulau Sempu
Pulau Sempu merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa jadi pilihan untuk mengisi liburan anda, sekaligus menguji fisik dan mental anda. karena dibutuhkan usaha yang keras untuk bisa mencapai tempat ini, untuk mencapainya anda harus membelah hutan sekitar 2jam perjalanan berjalan kaki, ini tergantung medannya, kalau musim hujan seperti sekarang ini, mungkin butuh waktu 4 jam agar mencapainya.
keindahan pulau sempu foto :pantaimalang.com



Pulau ini tak berpenghuni, jadi sendirian untuk menuju pulau ini bukanlah hal yang tepat bagi anda pencinta travelling, sebelum masuk ke dalam pulau anda harus menyeberang dulu dengan menyewa perahu kecil ditemani guide perjalanan berangkat, sedangkan untuk pulang tanpa guide.

setelah kapal merapat ke bibir pulau, anda akan disambut oleh hutan bakau yang ketika air surut terlihat akar-akarnya rapi seperti pohon yang hanya diletakkan begitu saja. kemudian anda akan menemukan sebuah bangunan kosong seperti tempat patroli, tetapi dibiarkan begitu saja.

selanjutnya anda akan memasuki hutan, hutan belantara yang masih terjaga, bunyi kicau burung bersahutan dengan berbagai binatang lainnya akan menyambut kedatangan anda di pulau ini, berbagai jenis tanaman juga akan anda temukan, lengkap dengan berbagai bukit gunung yang membatu.

ketika akan sampai ke pantai titik point untuk beristirahat, anda akan naik turun meniti jalan gunung yang membatu dengan pijakan seadanya dan ditemani oleh jurang di samping anda, jadi berhati-hatilah kalau anda melewati jalan ini.

Segara Anakan selat yang berada di Pulau Sempu

Pulau ini memberikan keindahan yang luar biasa bagi anda pencinta wisata laut, betapa tidak! air laut yang berwarna kehijauan dikelilingi oleh bukit yang tinggi, seakan anda memiliki kolam renang sendiri, karena selat kecil yang dinamakan orang segara anakan ini nyaris tanpa ada batu karang sedikitpun. jadi dari bibir pantai hingga ke tengah selat merupakan sebuah hal yang menyenangkan karena kita tidak terganggu oleh dasar pantai yang dipenuhi batu karang seperti pantai biasanya.


mengapa demikian? karena segara anakan yang berada di dalam pulau sempu ini hanya dimasuki air dari lubang-lubang kecil dari pinggir bukit, sehingga pepatah serasa memiliki pulau sendiri sangat tepat untuk para wisatawan yang berkunjung ke sini.

karena pantai ini dikelilingi oleh bukit yang tinggi maka ada spot bagus untuk melihat langsung samudera hindia, lautan luas dengan ombaknya yang sangat besar dan keras akan menhentakkan hati anda ketika anda mencapai spot ini.

Bukit ini juga menjadi tempat favorit untuk berfoto ria bagi para wisatawan, karena di bagian utara berhadapan langsung dengan samudera hindia, dan di selatan adalah segara anakan dengan pantainya yang bersih dan airnya yang kehijauan.

Pertualangan Ke Pulau Sempu

pertualangan adalah kata yang sangat tepat untuk menggambarkan perjalanan kami saat itu, untuk mencapai segara anakan kami harus melewati medan yang sangat berat, dikarenakan waktu yang sudah terlalu sore sehingga sesampai di tengah hutan keadaan sudah sangat gelap karena malam. jalan yang penuh lumpur dengan beberapa kali hujan mengguyur tetap tidak menyurutkan kami untuk terus melanjutkan perjalanan, sesekali beristirahat melepas lelah di tengah hutan dalam keadaan gelap gulita, beruntung beberapa lampu senter membantu perjalanan kami.

Sudah tak berbilang, terpeleset, tersledeng, terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, uppss itu lagu. entahlah apapun istilahnya saat itu, yang jelas perjuangan untuk mencapai Segara Anakan di Pulau Sempu bukanlah hal yang mudah.

ombak mulai terdengar, menandakan pantai sudah dekat, tetapi ternyata perjuangan semakin berat, kami harus meniti bebatuan karang dengan meraba berbagai akar pepohonan sebagai pegangan, karena kalau terjatuh, sudah dipastikan disamping adalah jurang dan bagaimana lah riwayatnya sekarang.

Perjuangan tidak hanya sampai di situ, sesampainya di pantai kami pun kehabisan tempat, bibir pantai penuh dengan tenda-tenda para wisatawan, terpaksa kami memasang tenda berdekatan dengan air laut yang akhirnya benar saja beberapa jam air semakin pasang, dan hanya satu tenda yang bisa berdiri, sedangkan satunya terpaksa bertahan menunggu air turun.

Hujan deras mengguyur pulau sempu saat itu, karena tenda yang bisa berdiri hanya satu, ya tepat sajalah akhirnya hanya beberapa orang yang bisa masuk ke dalam, selebihnya berada di luar dengan berpayungkan banner. hujan pun berakhir, masalah semakin menjadi, air terus naik ke bibir pantai, beberapa dari kami yang mencoba beristirahat pun akhirnya harus terkejut karena air masuk ke dalam tenda. aku yang sudah takalap, akhirnya langsung terbangun dengan punggung yang sudah basah. cukuplah perjalanan kali ini sebagai pengalaman yang sangat berarti buat kami.

ada pepatah Arab :
وَمَااللَّذَّةُ إِلاَّ بَعْدَ التَّعَبِ (wamalladzatu illa ba'datta'ab)

Tiadalah kenikmatan kecuali setelah kelelahan.


Rute Perjalanan Menuju Pulau Sempu

Banyak jalan untuk bisa menuju pulau ini, tetapi kebanyakan orang menggunakan jalur dari malang, berangkat dari kota malang kemudian anda menuju ke malang selatan, banyak pantai berjejer di daerah malang selatan ini, seperti Pantai Goa Cina, Sendang Biru, Pantai Balekembang, Pantai Clungup. dan untuk menuju Pulau sempu anda memilih jalan ke Pantai Sendang Biru. banyak penunjuk arah di jalan pada beberapa tikungan, sehingga anda tidak akan kesasar.

jalur tracking ke sempu foto : kompasiana.com

sesampainya di Pantai Sendang Biru, parkir kendaraan anda di sini, banyak tempat penitipan untuk sebentar ataupun bermalam, kemudian berjalan ke utara, bagi para wisatawan diharuskan untuk melapor ke bagian reservasi dan akan diberikan arahan kemudian anda akan ditemani guide untuk menuju pulau tersebut.
Biaya Akomodasi ke Pulau Sempu

ada beberapa biaya wajib untuk bisa mencapai pulau sempu, karena anda harus menyeberang dari Pantai Senda Biru kemudian biaya jasa guide.

Biaya ke Pulau Sempu :

  1. Antar jemput perahu : 160ribu

  2. Jasa Guide : 100ribu

  3. Parkir : 5ribu

  4. Harga sewaktu-waktu bisa berubah, ini hanya sekedar patokan.
Hal yang harus disiapkan untuk ke Pulau Sempu

di sarankan untuk menuju pulau ini anda secara berkelompok, 4 atau 5 orang, semakin banyak semakin rame dan biaya lebih murah. selain itu berwisata ke tempat ini lebih baik anda menginap satu malam agar bisa menikmati tempat ini, untuk menghindari berbagai hal yang akan terjadi selama perjalanan maka ada beberapa hal wajib untuk dipersiapkan :

  1. Air mineral, bawa air minum sebanyak mungkin, "jangan berpikiran dua botol Aqua besar cukup" karena di dalam pulau ini tak ada yang orang yang berjualan, bahkan penghuninya pun tak ada.

  2. Tenda

  3. perlengkapan camping lainnya, seperti kompor kecil, selimut, dll

  4. Sepatu [disarankan sepatu adventure] bisa juga sepatu karet.

  5. jangan menggunakan sandal, entah itu sandal gunung maupun sandal WC. karena banyak yang sendalnya putus bahkan juga kesulitan karena jalannya yang becek penuh lumpur, sehingga lebih memilih nyeker alias tanpa alas sama sekali.

  6. untuk sepatu dan sendal itu tergantung musim, kalau musim kemarau tanahnya kering jadi jalan juga lebih mudah dilewati. untuk musim hujan saja gunakan sepatu.

  7. makanan dan kebutuhan lainnya.

  8. obat-obatan, karena di pulau ini tak ada TIM SAR.
Saran sebelum ke Pulau Sempu

menurut saya, ada beberapa hal yang harus dipikirkan matang-matang sebelum anda berangkat ke pulau sempu, karena untuk mencapai pulau ini dibutuhkan tenaga dan persiapan yang matang.

  • Tekad dan niat yang kuat

  • batalkan niat anda kalau hanya sekedar jalan-jalan, karena medannya lumayan berat dan melelahkan.

  • cocok bagi yang berjiwa petualang.

  • untuk wanita lebih baik diurungkan

  • lebih baik menyesal di awal daripada penyesalan di akhir

  • usahakan jangan di hari libur seperti sabtu minggu, karena pantai segara anakan akan penuh dengan tenda para wisatawan.

  • usahakan jangan di musim hujan, karena medan perjalanan akan sangat berat.

mungkin dari review di atas dari keindahan pulau sempu masih banyak yang kurang.

Sumber Foto :


Foto lainnya dari kamera Alfi banjar.

Istilah :

Tersledeng : ketika seseorang terjatuh akibat dorongan/senggolan orang lain. (bisa disengaja ataupun tidak)

Takalap : sudah mulai tertidur