Teknik penulisan bab 1 pada skripsi dan tesis - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 18 April 2016

Teknik penulisan bab 1 pada skripsi dan tesis

Teknik penulisan bab 1 pada skripsi dan tesis - Cara penulisan bab 1 pada skripsi dan tesis ada beberapa prosedur penulisan dalam sebuah bab 1 atau bab pertama skripsi dan tesis, dalam penulisannya ada perbedaan, khususnya yang membedakan adalah pada jenis penelitiannya yaitu kualitatif atau kuantitatif, untuk skripsi tesis yang berjenis kualitatif ada beberapa hal yang
membedakannya, meskipun hanya judul pointnya saja, tetapi dalam isi point tersebut sama saja dengan kuantitatif. bab 1 yang berisi judul pendahuluan ini ada beberapa point penting dalam penulisan bab 1 atau bab pertama dalam skripsi kualitatif, yaitu :
teknik penulisan bab 1
teknik penulisan bab 1
 Latar belakang atau konteks penelitian

beberapa kampus berbeda dalam menamakan point latar belakang ini, seperti konteks penelitian, jadi ikutilah buku petunjuk penulisan skripsi tesis pada masing masing kampus. latar belakang ini berisi tentang uraian atau gambaran umum secara singkat bagaimana sebuah penelitian akan dipaparkan, dengan berisi berbagai teori, fakta lapangan, dan juga hasil observasi awal peneliti atau penulis. selengkapnya bisa anda baca di latar belakang penelitian.

Rumusan masalah atau fokus penelitian
pada point ini berisi tentang beberapa pertanyaan yang merumuskan masalah dalam penelitian tersebut, atau lebih memfokuskan penelitian tersebut untuk apa, selengkapnya bisa anda baca di Rumusan Masalah penelitian

Tujuan penelitian
point tujuan penelitian ini sebenarnya hanya menjelaskan dari rumusan masalah tersebut, sedangkan penulisannya pun cukup simple, tinggal hapus kalimat tanya pada rumusan masalah yang ada, misalnya sebuah rumusan masalah adalah bagaimana cara membentuk karakter anak, maka dalam tujuan penulisan tinggal hapus kalimat tanya "bagaimana" dan ditambah dengan kalimat mendeskripsikan secara detail tentang cara membentuk karakter anak, ini contoh tujuan penelitian untuk skripsi kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
manfaat penelitian
dalam point manfaat penelitian ini ada dua jenis, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis, untuk manfaat teoritis berisi tentang apa saja manfaat yang didapatkan bagi peneliti, instansi terkait, peneliti selanjutnya dan pihak lainnya. sedangkan manfaat praktis berisi tentang apa yang ingin dicapai dalam penelitian, atau semacam hipotesa atau dugaan sementara tentang hasil dari penelitian tersebut, lebih lanjut bisa anda baca contoh manfaat penelitian.

orisinalitas penelitian
point orisinalitas penelitian ini adalah point yang berisi tentang perbandingan skripsi tesis kita dengan orang lain yang jenis dan bentuk penelitiannya ada kesamaan, bisa subjek penelitian atau objek penelitian, dan hal apa saja yang membedakannya dengan penelitian orang lain, lebih lanjut bisa baca di orisinalitas penelitian.

definisi istilah
dalam point definisi istilah ini hanyalah menjelaskan secara detail atau memfokuskan penelitian kita untuk apa, jadi dalam definisi istilah skripsi dan tesis ini akan menggambarkan atau menjelaskan judul penelitian kita, alias menjelaskan judul skripsi dan tesis kita secara lebih detail.

sistematika penulisan
point terakhir ini yaitu point sistematika penulisan berisi tentang penjelasan bab-bab yang akan ditulis atau dibahas dalam penelitiannya, seperti bab 1 isinya ..... bab 2 isinya ..... bab 3 isinya..... dan seterusnya, lebih lanjut coba anda baca di sistematika penulisan

berikut penjelasan tentang teknik penulisan bab 1 pada skripsi dan tesis. untuk pertanyaan ataupun ada hal kurang jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar dibawah.
semoga bermanfaat.

Post Top Ad