Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Archive

Travelling

Comments

Kontributor

Senin, 25 April 2016

pengertian root android

Root android adalah suatu istilah yang digunakan dalam hal membuka akses kunci dalam sistem android, bagi para pemula root merupakan suatu pertimbangan yang sangat berat, karena sebagian tipe handphone android melarang akses root ini sehingga kalau dilakukan, garansi akan hangus. sebelum kita berbicara lebih jauh tentang root android, marilah kita intip pengertiannya.

Pengertian Root Android

Root secara etimologi atau secara bahasa merupakan akar, coba aja searching di google pengertian root atau anda cari gambar root pasti yang ditampilkan adalah akar, entah itu akar pohon atau akar tanaman lainnya, nah mungkin pencipta android memberikan istilah root diambil dari istilah tersebut, yaitu sejarah root ini berasal dari akar pohon.

Apa itu Root ?

Arti root cara root
Pengertian Root Android - Lambang Kingroot
Root dalam android berarti adalah intinya sistem atau akarnya sistem, kalau dalam OS handphone yang lain seperti crack dalam OS symbian, atau jailbreak dalam OS iphone, sedangkan pada intinya adalah membuka akses untuk bisa masuk ke dalam sistem, dengan akses yang terbuka maka kita bisa melakukan apapun dengan android kita, kita bisa memodifikasi sesuka kita, bahkan kita bisa mengganti OS yang digunakan.

Kelebihan Root Android


sangat banyak kelebihan dari root android ini, misalnya :

  1. menghapus aplikasi sistem yang jarang digunakan, berbagai aplikasi bawaan yang hanya bikin berat android maka untuk menghapusnya dibutuhkan akses root.

  2. merubah tampilan android kita, tampilan merupakan sebuah hal yang selalu membuat kita tertarik dan tak pernah bosan dalam menggunakan android kita, banyak cara dengan root android, seperti merubah bootanimation atau tampilan animasi awal setelah menghidupkan handphone kita, kemudian mengganti bootlogo, kita juga bisa merubah tampilan menu sesuka hati kita, merubah bentuk baterai, sinyal, jam bahkan layar menu dalam pengaturan.

  3. mengganti operation system yang ada atau mengganti dengan OS dari handphone lain, tetapi kita harus menyesuaikan spesifikasinya agar tidak terjadi bootloop atau hardbrick, contohnya handphone kita adalah evercoss kemudian sistemnya kita ganti dengan OS samsung, sehingga semua sistem dan tampilannya sama dengan samsung. biasanya dinamakan port rom.

  4. memasang custom rom atau sistem yang sudah dimodifikasi untuk meningkatkan berbagai kinerja dan tampilan, sehingga android bisa lebih hemat baterai, tampilan semakin jernih, main game semakin lancar, dan banyak lainnya, tergantung siapa yang bikin custom romnya, banyak developer atau pengembang yang mengembangkan atau membuat custom rom ini, seperti cyannogenmod.dll

  5. membackup dan merestore, ini merupakan hal yang pertama setelah dilakukan root, yaitu backup. fungsi backup ini sebagai jaga-jaga kalau terjadi bootloop atau kegagalan sistem android sehingga handphone kita tidak bisa masuk ke dalam menu, berjam-jam hanya berputar putar di animasi awal saja. maka kalau terjadi bootloop ini tinggal kita restore saja. dan android anda akan kembali seperti semula.

  6. bisa menginstal berbagai aplikasi yang membutuhkan akses root, banyak aplikasi yang wajib root baru bisa dibuka, sehingga kalau tidak diroot aplikasi tersebut tidak bisa dibuka, salah satunya adalah mobile uncle tool.

  7. bisa hack atau crack berbagai game yang online ataupun offline, salah satu aplikasi hack dalam bermain game di android adalah xmodgames, xmod merupakan aplikasi yang banyak digunakan para pencinta game android yang ingin cepat selesai dengan berbagai kemampuan yang melebihi standar, seperti uang atau koin yang banyak, kemudian game yang sudah tamat, sehingga tinggal memilih mau main di bagian yang mana, ada juga fungsi xmod dalam clash of clans yaitu seperti dapat melihat berbagai jebakan atau traps musuh, dapat melihat pasukan dalam clan musuh, dapat melakukan latihan berkali-kali sebelum menyerang atau simulasi serangan, sehingga kita bisa mencari strategi yang tepat dalam menyerang musuh.

  8. swap memory atau suatu proses memindahkan memory eksternal menjadi internal atau sebaliknya, sehingga kita bisa menginstal aplikasi sebanyak-banyaknya.

  9. menambahkan ram dengan memory sdcard atau memory internal, banyak android yang masih mengunakan ram 512mb, sehingga untuk menjalankan berbagai aplikasi akan terasa sangat berat, sehingga penambahan ram sangat dibutuhkan. tetapi dalam penambahan ram di android ini, ada yang cocok ada juga yang tidak, kalau cocok maka android kita memang akan terasa semkin ringan, tetapi kalau tidak cocok maka hal sebaliknya lah yang terjadi, android kita akan semakin berat saja.

Kekurangan Root Android


selain dari kelebihan di atas, ternyata dalam root android juga ada kekurangannya, bahkan lumayan mainstream sehingga bagi para pemula dianjurkan untuk menunda dulu meroot androidnya. berikut kekurangan root android :

  1. menghilangkan garansi, beberapa produsen smartphone android melarang penggunanya untuk meroot, dengan berbagai alasan mereka, sehingga kalau diroot garansi yang diberikan akan hilang.

  2. bootloop atau suatu keadaan android yang mengalami kerusakan sistem, androidnya tidak bisa masuk ke menu, hanya bertahan ketika animasi awal setelah bootlogo.

  3. softbrick yaitu android anda mengalami stuck atau hanya bertahan pada logo awal saja, tidak bergerak ke animasi awal.

  4. hardbrick yaitu android anda mengalami mati total karena sistem yang rusak, biasanya handphone hanya bergetar saja kalau dihidupkan tetapi tidak ada gambar apapun, atau terlihat cahaya redup kecil, kemudian kembali mati. penanggulangannya yaitu dengan cara flash androidnya.

Kesimpulan dalam root android


melihat dari kelebihan dan kekurangan root android di atas, maka menurut saya anda sudah bisa mempertimbangkan mana yang terbaik bagi anda. untuk masa-masa sekarang ini, android sudah sangat berkembang, rata-rata handphone android di pasaran sudah memberikan ram 1gb dalam smartphone mereka, sehingga akses root sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi, karena android sudah sangat ringan dan nyaman.

root lebih diperuntukkan untuk ram yang hanya 256mb atau 512mb, tetapi bagi anda yang ingin merubah sistemnya maka akses root adalah wajib hukumnya, karena tanpa root kita tak akan bisa memodifikasi isi dari android kita.

bagaimana cara memodifikasi tampilan sistem android kita tersebut? ya caranya dengan root, kemudian instal cwm dan selanjutnya kita menginstal port rom atau custom rom untuk android kita.

bagi yang takut garansinya hilang, jangan takut, karena root bukanlah suatu hal yang baku selamanya, kita bisa melakukan proses unroot atau menghapus akses root tadi dan mengembalikannya seperti awal mula sebelum diroot.

Bagaimana cara root yang aman ?


banyak cara dalam root android secara aman, karena semakin hari android semakin maju, bahkan sekarang ini sudah mencapai android 6 atau marshmallow, begitu juga dalam hal rooting, yang dulu hanya bisa dengan bantuan komputer, sekarang ini root sudah bisa tanpa komputer.
baca juga cara root evercoss a75

cara root pada phone di atas merupakan salah satu cara yang sangat mudah tanpa PC, sehingga kita gak perlu ribet lagi nyari komputer, terus kalo gagal satu komputer ganti komputer lagi. maklum pengalaman dulu, hehe. sekarang kita tinggal instal aplikasinya kemudian jalankan dan taraa, dalam beberapa menit android kita sudah berhasil di root.