Teknik Penulisan Skripsi

teknologi

Evaluasi

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Archive

Travelling

Comments

Kontributor

Rabu, 30 Maret 2016

Pengertian Evaluasi dan perbedaan dengan Penilaian Pengukuran dan Tes

Pengertian Evaluasi dan perbedaan dengan penilaian dan pengukuran - Pasal 58 ayat 1 UU RI no.20 tahun 2003 tentang sisdiknas, menyatakan bahwa evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. kemudian apa perbedaan antara evaluasi, penilaian dan pengukuran, mengingat ketiga hal tersebut maknanya agak mirip dan berhubungan. sebenarnya yang paling penting dalam evaluasi ini hanyalah pada fokusnya saja, evaluasi lebih luas cakupan fokusnya sedangkan penilaian dan pengukuran hanya pada satu fokus saja.

Pengertian Evaluasi dan perbedaan dengan Penilaian Pengukuran dan Tes
Pengertian Evaluasi dan perbedaan dengan Penilaian Pengukuran dan Tes
Depdikbud (1994) menjelaskan bahwa penilaian adalah suatu kegiatan yang memberikan informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai oleh siswa. istilah menyeluruh inilah yang mempunyai arti bahwa penilaian melibatkan seluruh aspek, kognitif, afektif dan psikomotorik.

Evaluasi dan penilaian bersifat kualitatif sedangkan pengukuran bersifat kuantitatif, pengukuran berarti sebuah proses atau aktifitas untuk menentukan kuantitas, objek yang di ukur bisa berupa guru, siswa maupun sekolah, bahkan gedung sekolah.

untuk lebih lanjut bisa buka slide tentang definisi Evaluasi ini :




Evaluasi sering disandingkan dengan tes, dalam ilmu pendidikan tes merupakan suatu alat dengan serangkaian tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam rangka mengukur kemampuan mereka. dilihat dari jumlah peserta didik tes dibagi menjadi dua, yaitu tes perorangan dan tes kelompok. sedangkan dalam kajian psikologi, tes ada empat yaitu tes intelegensi umum, tes kepribadian, tes kemampuan khusus, dan tes prestasi belajar. sedangkan dari cara penyusunannya tes terbagi dua yaitu tes buatan guru dan tes standar. sedangkan dilihat dari jawaban peserta didik tes dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tes tertulis, tes lisan dan tes tindakan.
                                                                                                                                               
Daftar Pustaka : Sigit Pramono, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Diva Press: Jogjakarta, 2014.

itulah sedikit postingan tentang Pengertian Evaluasi dan perbedaan dengan Penilaian Pengukuran dan Tes semoga bisa memberikan pengetahuan dan informasi kepada anda.
Salam