contoh penulisan abstrak skripsi tesis yang baik - Informasi Pendidikan, Teknologi, dan Travelling

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 28 Maret 2016

contoh penulisan abstrak skripsi tesis yang baik

Abstrak merupakan bagian penting dalam sebuah skripsi ataupun tesis, tanpa abstrak maka tidak akan sempurna skripsi tersebut, karena abstrak dalam skripsi ibarat rangkuman dalam sebuah buku, bisa juga kesimpulan dan lebih tepatnya abstrak adalah inti atau point-point terpenting dari sebuah skripsi maupun tesis, sehingga setiap karya tulis tersebut wajib melampirkan abstrak berbahasa Indonesia, Inggris dan Arab. tergantung kebijakan kampus.
banyak contoh-contoh abstrak yang baik, tapi yang paling baik adalah mengikut dari kebijakan kampusnya sendiri, karena tiap kampus mempunyai aturan tersendiri, di sini admin hanya membagikan contoh penulisan abstrak skripsi tesis yang baik, masalah cocok atau tidak bisa dilihat sendiri lah. bagus atau tidak. berikut contohnya : lihat foto abstrak skripsi di bawah.
contoh abstrak skripsi tesis yang baik dan benar

Baiklah, selanjutnya kita akan bahas keterangan dari foto abstrak tersebut.
yang pertama adalah penulisan identitas kita, yaitu nama lengkap, tahun, judul skripsi atau tesis, program studi atau jurusan, kemudian nama kampus, selanjutnya nama dosen pembimbing 1 dan 2.

Point #1 berisi Latar Belakang Penelitian
di paragraf pertama ini abstrak berisi tentang latar belakang dari penelitian kita, jelaskan secara ringkas saja, kemudian isi dengan rumusan masalah dan tujuan penelitiannya. sehingga hal yang penting pada Bab 1 terbahas di paragraf pertama ini.

Point #2 berisi Metodologi Penelitian
di paragraf kedua ini berisi tentang semua yang berhubungan dengan metodologi penelitian, seperti metode penelitiannya menggunakan penelitian apa, kualitatif atau kuantitatif, kemudian pendekatan penelitiannya apa, selanjutnya tempat penelitian, dan lain sebagainya, kalau dalam skripsi metodologi penelitian ini terdapat pada Bab 3.

Point #3 berisi Hasil Penelitian
paragraf ketiga ini berisi tentang hasil penelitian, bagaimana hasilnya, entah itu berupa data kualitatif ataupun berupa angka yaitu kuantitatif harus dijelaskan di sini, semua paragraf abstrak dijelaskan secara singkat dan padat, namanya juga abstrak.

berikut contoh penulisan abstrak skripsi tesis yang baik
ABSTRAK

Nama Lengkap. 2015. Judul ..................., Skripsi, Program Studi …………....... Universitas………... Pembimbing (1) Dr. H. ………. (2) Dr. ……………...

Kata Kunci :   Pembentukan, Karakter Gemar Membaca Al-Qur’an.

Mempelajari Al-Qur’an tidak hanya sekedar belajar membaca saja; akan tetapi juga memhami tafsirnya, berbagai kemerosotan anak didik sekarang ini, bukan hanya karena keteledoran dalam pembinaannya, tetapi bagaimana memberikan mereka kesadaran tersendiri sehingga mereka mampu mengontrol akhlak mereka dalam menghadapi kemajuan global saat ini. Pembelajaran Al-Qur’an lah kunci utamanya, dengan terbentuknya karakter anak yang gemar membaca Al-Qur’an maka terbentuklah akhlak anak yang Qur’ani. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Mendeskripsikan secara detail tentang   pembentukan karakter gemar membaca Al-Quran anak di SDI ..... dan MI ........ Kedua, Mendeskripsikan secara detail hal yang memotivasi anak sehingga menumbuhkan karakter gemar membaca Al-Quran anak di ....... dan MI ..........
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan rancangan multisitus, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Kordinator Guru metode Ummi, Kordinator guru metode Tahfidz, guru metode Ummi, siswa dan orang tua. Setelah data diperoleh kemudian data di analisis dengan analisis situs tunggal dan analisis data lintas situs. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan metode.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yaitu Pertama,   pembentukan karakter gemar membaca Al-Qur’an : pembelajaran membaca Al-Qur’an di dua sekolah menggunakan metode Ummi, dengan proses pembelajaran yang sama tetapi dengan teknik yang berbeda, dan dengan guru yang akrab dengan muridnya. Pembelajaran lebih bersifat mendidik, menyayangi, sabar dan menyenangkan. Kedua, hal yang memotivasi siswa dalam pembentukan karakter gemar membaca Al-Qur’an : (1) motivasi dari guru, berbagai arahan dan motivasi dari guru berbentuk dukungan dan cerita yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadits, kemudian berbagai jenis reward yang berupa materi maupun pujian. (2) Motivasi siswa, ingin mendapatkan hadiah maupun pujian dari guru dan orang tua, kesadaran sendiri karena terbiasa membaca Al-Qur’an, persaingan, (3) motivasi dari orang tua, memberikan hadiah dalam pencapaian prestasinya, mengingatkan anak, memberikan waktu yang cukup dalam belajar dan bermain, mengontrol anak sebaik mungkin.
Baca juga :
Contoh instrumen observasi dan transkrip wawancara skripsi dan tesis
cara print format buku di microsoft word

contoh penulisan abstrak skripsi tesis yang baik semoga tips skripsi ini bisa memberikan manfaat bagi sobat sekalian, terus semangat dalam mengerjakan skripsi dan tesisnya, dan jangan pernah menyerah, karena perjuangan kuliah anda tinggal di ujung jalan. jalan terus dan wisuda menanti anda. Salam

Post Top Ad